Penerapan model pembelajaran kooperative type team games tournament (TGT) dalam peningkatan hasil belajar materi menyambut usia baligh siswa kelas IVb SDN 06 Sima Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2024/2025

Yuniati, Anita (2024) Penerapan model pembelajaran kooperative type team games tournament (TGT) dalam peningkatan hasil belajar materi menyambut usia baligh siswa kelas IVb SDN 06 Sima Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2024/2025. [Research]

[img] Text
17. PTK_Anita Yuniati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pada materi menyambut usia baligh, pada materi ini sebagian siswa masih kurang bisa untuk memahami materi dengan baik, karena pada pembelajaran ini guru dalam menyampaikan pembelajaran masih membosankan. Karena materi bersifat praktek. maka peran guru sangat berpengaruh dalam pemahaman siswa. Guru diharapkan mampu menyampaikan materi kepada siswa dengan jelas dan strategis. Sampai saat ini, masih ada siswa kelas IVB di SDN 06 Sima, Kecamatan Moga, tahun pelajaran 2023/2024 mengalami kesulitan dalam memahami pada mata pelajaran PAI khususnya pada materi menyambut usia baligh. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil model pembelajaran kooperative type Team Games Tournament (TGT) dalam upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI pada materi menyambut usia baligh. Metode penelitian adalah suatu cara yang dipergunakan oleh peneliti dalam mengumpullkan data penelitian (Ari Kunto 2006 : 2). Tempat penelitian yang penulis gunakan untuk tempat penelitian yaitu SDN 06 Sima siswa kelas IVB. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2024 sampai dengan bulan Desember 2024. Dalam penelitian ini subyek yang melaksanakan tindakan adalah Guru PAI dan subyek yang menerima tindakan adalah siswa kelas IVB SDN 06 Sima sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SDN 06 Sima Tahun Pelajaran 2023/2024, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperative type Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI khususnya pada materi menyambut usia baligh pada siswa kelas IVB di SDN 06 Sima Tahun Pelajaran 2023/2024. Kondisi awal (pra siklus) siswa yang nilainya diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75 sebanyak 8 siswa atau 34,78% dan nilai yang dibawah KKM sebanyak 12 siswa atau 65,21%. Pada siklus I siswa yang nilainya diatas KKM sebanyak 17 siswa atau 73,91% dan nilai yang dibawah KKM sebanyak 6 siswa atau 26,08%. Pada siklus II siswa yang nilainya diatas KKM sebanyak 23 siswa atau 100% dan nilai yang dibawah KKM sebanyak 0 siswa atau 0%. Kenaikan Hasil belajar tersebut juga dapat meningkatkan nilai rata-rata kelas. Nilai rata-rata kelas meningkat dari sebelum menggunakan model pembelajaran kooperative type tgt sebesar 72 pada siklus I menjadi 73 dan pada siklus II menjadi 81.

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: peningkatan, hasil belaajar, baligh, kooperatif, type tgt
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Profesi Guru
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 21 May 2025 08:54
Last Modified: 21 May 2025 08:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13266

Actions (login required)

View Item View Item