Peran guru pai dalam membina karakter kedisiplinan siswa di SMP Negeri 6 Batang

Hasbi, Ramadhan Maulana (2020) Peran guru pai dalam membina karakter kedisiplinan siswa di SMP Negeri 6 Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Fuu Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Peran guru Pendidikan Agama Islam antara lain guru sebagai sumber belajar, guru sebagai fasilitator, guru sebagai pengelolah, guru sebagai demonstrator, guru sebagai pembimbing, dan guru sebagai motivator. Banyak siswa masih memerlukan banyak bimbingan, karena banyaknya penyimpangan-penyimpangan yang jauh dari karakter mulia. Karakter merupakan fondasi awal untuk menanamkan kepada peserta didik agar menjadi generasi yang berakhlak mulia. Hal ini disebabkan karakter terbentuk dari kebiasaan hidup sehari-hari, oleh sebab itu agar terbina karakter yang lebih baik, pihak sekolah perlu membiasakan menanamkan niali-nilai kebaikan terhadap siswa. Selain itu disiplin diri peserta didik bertujuan untuk membantu menemukan diri, mengatasi, dan mencegah timbulnya problem-problem disiplin, serta berusaha menciptakan suasana yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi kegiatan pembelajaran, sehingga mereka mentaati segala peraturan yang ditetapkan. Rumusan masalah dalam sekripsi ini adalahbagaimana peran guru PAI dalam membina karakter kedisiplinan siswa di SMP Negeri 6 Batang, dan Faktor-faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat peran guru PAI dalam membina karakter kedisiplinan siswa di SMP Negeri 6 Batang? Sebagai tujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam membina karakter kedisiplinan siswa di SMP Negeri 6 Batang. Serta kegunaan untuk mengembangkan wawasan akademis dan dapat menambah keilmuan mengenai peran guru PAI dalam membina karaker kedisiplinan siswa di SMP Negeri 6 Batang. Penelitian ini menggunakan pendektan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) adapun teknik pengumpulan datannya dengan menggunakan metode observasi, wawancaea dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini Guru berperan sebagai pendidik, fasilitator, teladan, dan motivator. Dengan peranya tersebut guru sembari membina karakter disiplin anak ketika pembelajaran di dalam kelas maupun diluar kelas. Kemudian Faktor-faktor yang mendukung guru PAI dalam membina karakter kedisiplinan siswa di SMP Negeri 6 Batang yaitu peran orang tua dirumah yang selalu memberikan motivasi serta bimbingan kepada anak, serta saran dan prasarana disekolah yang dapat meingkatkan semangat belajar pada anak. sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran siswa, kurangnya perhatian orang tua, kurangnya pengawasan dari guru, dan lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPuspitasari, DewiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Membina, Karakter
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:03
Last Modified: 11 Jun 2021 03:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1327

Actions (login required)

View Item View Item