Wulandari, Khomisah (2025) Pengaruh Digital Marketing, Gaya Hidup, dan Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumsi dengan Positive Emotion sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Generasi Z di Kabupaten Pekalongan Pengguna E-Commerce Shopee). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4221143_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (591kB) |
![]() |
Text
4221143_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (999kB) |
Abstract
Pekalongan mempunyai julukan sebagai Kota Santri karena memiliki 138 pondok pesantren tersebar di daerah ini, sehingga sudah seharusnya perilaku konsumsi masyarakat Pekalongan sesuai pada syariat Islam. Namun pada kenyataannya, masyarakat Pekalongan sendiri masih banyak yang berlebihan dalam berperilaku konsumsi, misalnya pada bulan ramadhan atau menjelang lebaran. Masyarakat Pekalongan lebih menonjolkan fashion dan gaya hidupnya, sehingga hal ini bertolak belakang dengan label 'Pekalongan Kota Santri'. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Pengaruh Digital Marketing, Gaya Hidup, dan Religiusitas terhadap Perilaku Konsumsi dengan Positive Emotion sebagai Variabel Intervening pada Generasi Z di Kabupaten Pekalongan Pengguna E-Commerce Shopee. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 252.595 Generasi Z di Kabupaten Pekalongan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang ditentukan berdasarkan hasil perhitungan rumus slovin dengan margin of error 10%. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala Likert 1-5. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh dan signifikan terhadap perilaku konsumsi sebesar 0.420 dengan nilai signifikansi 0.002 < 0.05. Gaya hidup berpengaruh dan signifikan terhadap perilaku konsumsi sebesar 0.634 dengan nilai signifikansi sebesar 0.001 < 0.05. Religiusitas berpengaruh dan signifikan terhadap perilaku konsumsi sebesar 0.186 dengan nilai signifikansi sebesar 0.008 < 0.05. Positive emotion tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi sebesar -0.071 dengan nilai signifikansi sebesar 0.082 > 0.05. Digital marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap positive emotion sebesar -0.458 dengan nilai signifikansi sebesar 0.179 > 0.05. Gaya hidup berpengaruh dan signifikan terhadap positive emotion sebesar 1.728 dengan nilai signifikansi sebesar 0.00 < 0.05. Religiusitas berpengaruh dan tidak signifikan terhadap positive emotion sebesar 0.314 dengan nilai signifikansi sebesar 0.069 > 0.05. Nilai t hitung = 1.1034 < nilai t tabel = 1.66055 yang berarti positive emotion tidak memediasi digital marketing terhadap perilaku konsumsi. Nilai t hitung = -1.9062 < nilai t tabel = 1.66055 yang berarti Positive emotion tidak memediasi gaya hidup terhadap perilaku konsumsi. Kata kunci: Digital Marketing, Gaya Hidup, Religiusitas, Positive Emotion, Perilaku Konsumsi. ABSTRACT Wulandari, K. The Effect of Digital Marketing, Lifestyle, and Religiosity on Consumption Behavior with Positive Emotion as an Intervening Variable (Case Study on Generation Z in Pekalongan Regency Shopee E-Commerce Users). Pekalongan has a nickname as the City of Santri because it has 138 Islamic boarding schools scattered in this area, so the consumption behavior of Pekalongan people should be in accordance with Islamic law. But in reality, many Pekalongan people are still excessive in their consumption behavior, for example during Eid. Pekalongan people emphasize their fashion and lifestyle, so this contradicts the label 'Pekalongan City of Santri'. This study aims to examine the Effect of Digital Marketing, Lifestyle, and Religiosity on Consumption Behavior with Positive Emotion as an Intervening Variable in Generation Z in Pekalongan Regency Shopee E-Commerce Users. This research is a correlational research with a quantitative approach. The population in this study amounted to 252,595 Generation Z in Pekalongan Regency. The sample in this study amounted to 100 respondents determined based on the results of the calculation of the slovin formula with a margin of error of 10%. Sampling in this study used proportional random sampling technique. The data collection technique in this study used a questionnaire with a Likert scale of 1-5. The data analysis technique used in this research is path analysis. The results showed that digital marketing has a significant effect on consumption behavior of 0.420 with a significance value of 0.002 <0.05. Lifestyle has a significant effect on consumption behavior of 0.634 with a significance value of 0.001 <0.05. Religiosity has a significant effect on consumption behavior of 0.186 with a significance value of 0.008 <0.05. Positive emotion has no significant effect on consumption behavior of -0.071 with a significance value of 0.082> 0.05. Digital marketing has no significant effect on positive emotion of -0.458 with a significance value of 0.179> 0.05. Lifestyle has an effect and is significant to positive emotion of 1.728 with a significance value of 0.00 <0.05. Religiosity has an effect and is not significant to positive emotion of 0.314 with a significance value of 0.069 > 0.05. The value of t count = 1.1034 < t table value = 1.66055, which means that positive emotion does not mediate digital marketing on consumption behavior. The value of t count = -1.9062 < the value of t table = 1.66055 which means Positive emotion does not mediate lifestyle on consumption behavior. Translated with DeepL.com (free version) Keywords: Digital Marketing, Lifestyle, Religiosity, Positive Emotion, Consumption Behavior .
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Digital Marketing, Gaya Hidup, Religiusitas, Positive Emotion, Perilaku Konsumsi. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 22 May 2025 07:00 | ||||||||
Last Modified: | 22 May 2025 07:00 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13272 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |