Kualitas Pelayanan Pedagang Sayur Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Di Pasar Tradisional Desa Warungasem Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang

Riski, Evi Yunita (2021) Kualitas Pelayanan Pedagang Sayur Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Di Pasar Tradisional Desa Warungasem Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURAHMAN WAHID.

[img] Text
2013315511-Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2013315511- Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2013315511-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: Https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Pasar Tradisional Desa Warungasem Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang Batang adalah pasar tradisional yang masih sangat kental dengan nuansa yang tidak pernah lepas dari hal tawar menawar yang masih tinggi, sedangkan komoditi sayuran adalah barang yang paling sering mengalami fluktuasi harga. Tak sedikit pula konsumen membanding￾bandingkan harga pedagang satu dengan pedagang lain meskipun berbandinganya hanya dua ribu rupiah. Hal inilah yang menjadi ketertarikan oleh peneliti sehingga akan menjadi kajian dalam penelitian, sehingga peneliti ingin mengetahui bagaimana kualitas pelayanan yang dilakukan oleh pedagang sayur, dan juga perilaku konsumen di pasar tradisional Desa Warungasem Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang, serta bagaimana cara pedagang melayani konsumen jika dalam tinjauan etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualiitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Data yang dikumpulkan dengan mennggunakan metode wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan perilaku konsumen dan juga kualitas pelayanan pedagang sayur prinsip dalam etika bisnis Islam sesuai dengan apa yang dilihat dan juga didengar. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam kegiatan ekonomi di pasar tradisional Desa Warungasem Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang Batang ini bahwa beberapa konsumen di pasar tradisional Desa Warungasem Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang belum semuanya memahami makna etika tanggung jawab dalam etika bisnis Islam sebagaimana menjadi konsumen yang baik bagi pedagang. Kemudian prakteknya pedagang sayur dipasar tradisional Desa Warungasem Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang Batang dalam menentukan harga kepada konsumen masih terjadi diskriminasi harga terhadap konsumen baru maupun lama, meskipun tidak semua pedagang melakukanya, dan nominal perbedaan harganya tidak jauh, namun hal tersebut menjadikan belum terpenuhinya prinsip bermu’amalah dengan memelihara seluruhnya nilai keadilan. Meskipun dalam hal Tauhid dan juga Ihsan beberapa pedagang sudah menerapkan prinsip tersebut. . Kata kunci: Pelayananan Pedagang, Perilaku Konsumen, Etika Bisnis Islam. vii viii ABSTRACT EVI YUNITA RISKI.Quality Of Vegetable Trader’s Services To Consumer Behavior In The Traditional Market Of Desa Warungasem Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang In Islamic Business Ethnics Perspective. The Desa Warungasem Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang Batang Traditional Market is a traditional market that is still very thick with nuances that are never separated from high bargaining, while vegetable commodities are the goods that experience price fluctuations the most. Not a few consumers also compare the prices of one trader with another, even though the comparison is only two thousand rupiahs. This is what researchers are interested in so that it will be a study in research, so researchers want to know how the quality of service provided by vegetable traders, as well as consumer behavior in the Desa Warungasem Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang traditional market, and how traders serve consumers in a review of Islamic business ethics. This research uses qualitative research with a field research approach. The data collected by using the method of interview, observation, and also documentation. Data analysis used descriptive qualitative with the aim of describing consumer behavior and also the service quality of street vendors as well as principles in Islamic business ethics according to what was seen and also heard. The results of this study indicate that in economic activities in the Desa Warungasem Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang Batang traditional market that some consumers in the Desa Warungasem Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang traditional market do not all understand the meaning of responsibility ethics in Islamic business ethics as being good consumers for traders. Then the practice of vegetable traders in the Desa Warungasem Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang Batang traditional market in determining prices to consumers is still price discrimination against new and old consumers, although not all traders do it, and the nominal price difference is not far, but this makes the principle of mu'amalah not fulfilled by maintaining all values. Justice. Although in the case of Tawhid and also Ihsan some traders have applied this principle

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pelayananan Pedagang, Perilaku Konsumen, Etika Bisnis Islam.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 22 May 2025 06:57
Last Modified: 22 May 2025 06:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13277

Actions (login required)

View Item View Item