Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Obonk Steak & Ribs Pekalongan)

Salamah, Umi (2021) Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Obonk Steak & Ribs Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2013116332 -Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2013116332 - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2013116332 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: Https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan pertumbuhan dunia bisnis memberi penjelasan peningkatan kesejahteraan masyarakat, yang dapat mengakibatkan daya beli masyarakat menjadi meningkat pula. Usaha bisnis yang tadinya mempunyai pemasaran yang besar dan daerah pemasaran yang sangat luas, pada saat ini dituntut untuk melakukan berbagai macam efisiensi dan efektivitas juga di masa-masa mendatang lebih menuntur usaha bisnis untuk mempunyai strategi pemasaran yang jitu. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah apakah terdapat pengaruh harga, promosi, kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian secara parsial dan simultan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh harga, promosi, kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian secara parsial dan simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian penelitian asosiatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 pelanggan yang berbelanja di Obonk Steak & Ribs Pekalongan yang diambil secara acak, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuesioner, dan observasi. Sedangkan analisis yang digunakan ialah analisis data statistik dengan menggunakan alat analisis yaitu analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menghasilkan bahwa variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dimana nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan dan t-hitung 5,025 > t�tabel 2,012, maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. Variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dimana nilai signifikan sebesar 0,021 < 0,05 dan t�hitung 2,394 > t-tabel 2,012, maka dapat disimpulkan bahwa H2 diterima. Variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dimana nilai signifikan sebesar 0,041 < 0,05 dan t-hitung 2,102 > t-tabel 2,012, maka dapat disimpulkan bahwa H3 diterima. Berdasarkan hasil uji ANOVA atau F test adalah 119,865 dengan tingkat signifikan 0,000. Oleh karena signifikan 0,000 < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa harga, promosi, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji R2 diperoleh nilai adjusted R2 sebesar 0,668 atau 66,8%. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen yang melakukan keputusan pembelian di Obonk Steak & Ribs Pekalongan dapat dijelaskan sebesar 66,8% oleh variabel independen yaitu harga, promosi, dan kualitas pelayanan. Sedangkan 33,2% variasi keputusan pembelian konsumen dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyukron, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Harga, promosi, kualitas pelayanan, dan keputusan pembelian
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 22 May 2025 07:22
Last Modified: 22 May 2025 07:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13285

Actions (login required)

View Item View Item