Faktor-Faktor Penyebab Mahasiswa Perbankan Syariah Belum Menjadikan Bank Syariah Sebagai Layanan Transaksi Utama (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah Uin Walisongo Semarang)

Styaningsih, Ayu Tyas (2025) Faktor-Faktor Penyebab Mahasiswa Perbankan Syariah Belum Menjadikan Bank Syariah Sebagai Layanan Transaksi Utama (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah Uin Walisongo Semarang). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4221038_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4221038_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
4221038_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

AYU TYAS STYANINGSIH, Keputusan Mahasiswa Perbankan Syariah Belum Menjadikan Bank Syariah Sebagai Layanan Transaksi Utama (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah Uin Walisongo Semarang) Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya penggunaan bank syariah oleh mahasiswa Perbankan Syariah UIN Walisongo Semarang sebagai layanan transaksi utama. Meskipun mereka memiliki pemahaman tentang prinsip-prinsip perbankan syariah, banyak yang masih memilih menggunakan bank konvensional. Hal ini menunjukkan adanya faktor-faktor tertentu yang memengaruhi keputusan mereka dalam memilih layanan perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa Perbankan Syariah UIN Walisongo Semarang lebih memilih bank konvensional dibandingkan bank syariah. Faktor-faktor yang dikaji dalam penelitian ini meliputi kebiasaan, layanan, agama, dan promosi. Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut, diharapkan penelitian ini dapat memberikan wawasan bagi bank syariah dalam meningkatkan daya tarik dan kepercayaan mahasiswa terhadap layanan mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan mahasiswa Perbankan Syariah UIN Walisongo Semarang angkatan 2024/2025. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai faktor yang memengaruhi preferensi mahasiswa terhadap bank konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kebiasaan menjadi penyebab utama mahasiswa tetap menggunakan bank konvensional, karena mereka telah terbiasa sejak sebelum memasuki jenjang perkuliahan. Selain itu, keterbatasan fasilitas bank syariah, seperti jumlah ATM yang lebih sedikit dan layanan digital yang kurang optimal, menjadi faktor yang membuat mahasiswa merasa kurang nyaman. Faktor agama dan promosi juga berpengaruh, tetapi tidak menjadi pertimbangan utama, karena mahasiswa cenderung lebih mengutamakan kenyamanan dan kemudahan dalam bertransaksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRusyida, M. Sc., Wilda Yulia199110262019032014UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perbankan Syariah, Keputusan Mahasiswa, Layanan Perbankan, Kebiasaan, Faktor Agama, Promosi.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 23 May 2025 06:05
Last Modified: 23 May 2025 06:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13292

Actions (login required)

View Item View Item