Ningrum, Wahyu Mustika (2022) Pengaruh Promosi Penjualan Dan Diskon Terhadap Impulse Buying Dengan Motivasi Hedonis Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Pengunjung Muslim Matahari Department Store Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4117005 - Bab1&5.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
4117005 - Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
4117005 - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
WAHYU MUSTIKA NINGRUM. Pengaruh Promosi Penjualan dan Diskon terhadap Impulse Buying dengan Motivasi Hedonis sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Pengunjung Muslim Matahari Department Store Pekalongan). Pada era modern ini, keberadaan pasar tradisional mulai tergeser dimana masyarakat cenderung lebih memilih berbelanja di ritel modern. Kecenderungan perilaku belanja konsumen tersebut membuat marketing staff mampu menentukan strategi dalam menarik konsumen dengan efektif. Sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini memiliki gaya hidup konsumtif, ditinjau dari semakin seringnya melakukan pembelian diluar rencana atau impulse buying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan dan diskon terhadap impulse buying dengan motivasi hedonis sebagai variabel moderasi pada pengunjung muslim Matahari Department Store Pekalongan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Sumber data diperoleh dari data primer. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode accidental sampling. Hasil penelitian variabel promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying dengan t hitung 5,340 > t tabel 1,984 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel diskon tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying dengan t hitung -0,168 < t tabel 1,984 dan nilai signifikansi 0,867 > 0,05. Hasil uji MRA motivasi hedonis dapat memoderasi hubungan antara variabel promosi penjualan terhadap impulse buying dengan nilai signifikansi sebesar 0,009 < 0,05. Hasil uji MRA motivasi hedonis tidak dapat memoderasi hubungan antara variabel diskon terhadap impulse buying dengan nilai signifikansi 0,210 > 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Promosi Penjualan, Diskon, Motivasi Hedonis dan Impulse Buying | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Ari Sugeng | ||||||||
Date Deposited: | 22 May 2025 07:47 | ||||||||
Last Modified: | 22 May 2025 07:51 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13293 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |