Pengaruh Marketing Mix Dan Service Quality Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Anggota Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Kspps Bmt An-Najah Cabang Wiroto Pekalongan)

Aisyah Lutfiyatuzzzuhro, Aisyah (2025) Pengaruh Marketing Mix Dan Service Quality Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Anggota Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Kspps Bmt An-Najah Cabang Wiroto Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4221055_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4221055_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4221055_LampiranSkripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pertumbuhan keuangan syariah di Indonesia, termasuk keuangan mikro syariah seperti BMT, kini telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini menimbulkan tantangan antar lembaga keuangan dalam menjaga loyalitas anggotanya, khususnya pada KSPPS BMT An-Najah Cabang Wiroto Pekalongan. Setiap lembaga keuangan perlu memperkuat loyalitas anggotanya untuk mempertahankan eksistensinya dengan memperhatikan bauran pemasaran, kualitas layanan yang diberikan kepada anggota serta kepuasan anggota dalam menelima layanan tersebut. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Marketing Mix dan Service Quality terhadap loyalitas dengan kepuasan anggota sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional yang menghubungkan antar variabel yang mempengaruhi loyalitas anggota di KSPPS BMT An-Najah Cabang Wiroto Pekalongan. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui metode kuesioner. Sampel terdiri dari 100 responden, ditentukan menggunakan metode accidental sampling berdasarkan perhitungan rumus Slovin. Analisis data dilakukan menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis path, dan uji Sobel dengan bantuan software IBM SPSS Statistics 26.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Marketing Mix berpengaruh signifikan terhadap loyalitas, namun tidak secara langsung berpengaruh berdasarkan uji path. Service Quality berpengaruh signifikan terhadap loyalitas, baik secara parsial maupun langsung. Kepuasan anggota juga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas. Marketing Mix tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan, namun berpengaruh secara langsung menurut uji path. Service Quality berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota. Selain itu, baik Marketing Mix maupun Service Quality berpengaruh signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan anggota sebagai variabel intervening.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRosyada, Mohammad198607272019031006-
Uncontrolled Keywords: Marketing mix, service quality, loyalitas, kepuasan anggota
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 23 May 2025 02:44
Last Modified: 23 May 2025 02:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13321

Actions (login required)

View Item View Item