Amalia Ayuningtyas, Amalia (2025) Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Experiential Marketing Terhadap Keputusan Anggota Menggunakan Produk Sifitri (Simpanan Idul Fitri) Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Kspps Bmt An-Najah Cabang Bojong Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4221017_Bab I & Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4221017_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
4221017_LampiranSkripsidocx.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Keberadaan Lembaga Keuangan Syariah seperti BMT semakin mempermudah akses masyarakat di daerah pelosok dan desa terhadap produk-produk keuangan yang sejalan dengan prinsip syariah. Salah satu contohnya yaittu BMT An-Najah Cabang Bojong, menawarkan beragam produk simpanan dan pembiayaan unggulan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Salah satu bentuk simpanan BMT An-Najah Bojong adalah Simpanan Idul Fitri. Sebelum memutuskan untuk memilih produk Sifitri, para anggota biasanya melalui proses pengambilan keputusan secara matang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Experiential Marketing terhadap Keputusan Anggota Menggunakan Produk Sifitri (Simpanan Idul Fitri) dengan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening di KSPPS BMT An-Najah Cabang Bojong Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan angket (kuesioner). Populasi 321 responden dan sampel sebanyak 77 responden anggota Sifitri. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Non Probability Sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur dengan bantuan SPPS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan anggota maupun kepercayaan. Kualitas pelayanan dan Experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan anggota dan kepercayaan. Kepercayaan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan anggota. Kepercayaan tidak mampu memediasi hubungan antara kualitas produk terhadap keputusan anggota menggunakan produk sifitri. Kepercayaan mampu memediasi hubungan antara kualitas pelayanan terhadap keputusan anggota menggunakan produk sifitri. Kepercayaan mampu memediasi pengaruh experiential marketing terhadap keputusan anggota. Hasil koefisien determinasi model pertama memiliki nilai Adjusted R Square yakni sebesar 0,207 atau 20,7% yang artinya pengaruh kualitas produk, kualitas Pelayanan, dan experiential marketing sebesar 20,7% sisanya 79,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Lalu hasil koefisien determinasi model kedua nilai Adjusted R Square sebesar 0,311 atau 31,1% yang artinya pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, experiential marketing, dan kepercayaan sebesar 31,1% sisanya 68,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Experiential Marketing, Keputusan Anggota dan Kepercayaan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 23 May 2025 02:40 | ||||||||
Last Modified: | 23 May 2025 02:40 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13322 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |