Mujib, Abdul (2020) Peran guru pai dalam menumbuhkan motivasi belajar al-qur’an dan hadits siswa kelas viii SMP Muhammadiyah 5 Ulujami Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Banyak sekali upaya guru yang dilakukan untuk menumbuhkan mina tbelajar siswa. Hal ini sangat berpengaruh terhadap pribadi siswa dan motivasi yang diterima siswa dari seorang guru. Sehingga peranaktif guru dapat menentukan hasil belajar siswa, agar dalam mempelajari mater imenjadi lebih bersemangat. Sering kali kita mendengar keluhandari para siswa yang akan mempelajari pelajaran Al-Qur‟an dan Hadits merasa bosan dan menjenuhkan. Dengan melakukan penelitian di SMP Muhammadiyah 5 Ulujami, peneliti berupaya untuk merumuskan beberapa rumusan masalah, yakni 1) Bagaimana motivasi belajar Al-Qur’an dan Hadits siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Ulujami. 2).Bagaimana peran guru untuk menumbuhkan motivasi belajar Al- Qur‟anHadits siswakelasVIII SMP Muhammadiyah 5 Ulujami. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode dokumentasi, interview, danobservasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara utuh tentang keadaan yang sebenarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter disiplin siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Ulujami dalam mempelajari Al-Qur’an dan Hadits. Secara teoritis penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi para guru PAI untuk mengetahui semangat belajar siswa dalam belajar Al-Qur’an dan Hadits. Hasilpenelitian ini menunjukan pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk menumbuhkan motivasi belajar Al-Qur’an dan Hadits kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Ulujami meliputi: a) Sebelum pelajaran dimulai guru selalu memberikan cerita-cerita pendekdari hadits atau ayat-ayat Al-Qur’anyang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari siswa; b) guru memberikan tugas portofolio terkait materi yang hendak dipelajari; c) Guru memberikan pertanyaan sederhanaberkaitan dengan ayat-ayat al-qur’an dan hadist sehari-hari; d) Guru memberikan program memaknai dan menghafal hadistuntuk seluruh siswa. Dan bentuk peran guru yang sering dilakukan dalam proses menumbuhkan motivasi belajar siswaadalah guru selalu mengajak siswa untuk senang membaca Al-Qur’an dalam setiap akan memulai pelajaran serta membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Motivasi Belajar, dan Al-Qur’an dan Hadits | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jun 2021 03:03 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jun 2021 03:03 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1333 |
Actions (login required)
View Item |