PURWIYANTO, PURWIYANTO (2021) Analisis Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Baju di MYOD Custom Clothing Paninggaran. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.
![]() |
Text
2013114133 - Bab1&5.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2013114133 -Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2013114133 - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) |
Abstract
Hampir dalam keseluruh aktifitasnya manusia berhubungan dengan manusia yang lain dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Baik itu dalam ranah konsumsi, produksi maupun distribusi. Dalam menjalankan kewajiban manusia dalam berkonsumsi, Islam mengatur bagaimana manusia dapat melakukan kegiatan-kegiatan konsumsi yang membawa manusia berguna bagi kemashlahatan hidupnya. Kegiatan konsumsi dalam kehidupan setiap manusia tidak hanya sekedar makan dan minum, akan tetapi untuk menjalani kehidupan sehari-hari manusia juga memerlukan sandang/pakaian yang termasuk dalam kebutuhan primer/pokok supaya dapat menutup aurat dan bagian tubuh lainya. Industri custom clothing merupakan usaha yang semakin berkembang dan menjanjikan yang selalu dicari anak muda jaman sekarang, dimana mereka bisa dengan bebas berkreasi mendesain sesuka hati sesuai keinginan. MYOD Custom Clothing yang notabene custom clothing terlama di Paninggaran menghadirkan desain-desain terbaru yang tentunya diharapkan menarik konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Penelitian asosiatif kausal adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif untuk mengukur perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada konsumen MYOD Custom Clothing di Paninggaran Kabupaten Pekalongan yang dilakukan pada bulan Januari 2021 sampai dengan selesai dengan menggunakan sampel pembeli sebanyak 84 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling yaitu metode pengambilan sampel yang secara kebetulan dijumpai oleh peneliti pada saat melakukan penelitian. Cara demikian digunakan bila populasi dianggap homogen. Berdasarkan hasil uji t diketahui faktor budaya berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan tingkat signifikansi 0,001 < 0,05, faktor sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, faktor pribadi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan tingkat signifikansi 0,078 < 0,05, dan faktor psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan tingkat signifikansi 0,011 < 0,05. Uji F adalah 36,174 dengan tingkat signifikan 0,000 lebih kecil dari (α) = 0,05 maka dapat dikatakan bahwa faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis secara simultan berpengaruh sig
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologis, Keputusan Pembelian. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 23 May 2025 03:02 | ||||||||
Last Modified: | 23 May 2025 03:02 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13331 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |