JAZILA, NILA RISKIATUL (2022) Strategi Pemasaran Produk Sepatu Kulit dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di UD.Vistrand Shoes Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
![]() |
Text
4117362_Bab1&5.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
4117362_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
NILA RISKIATUL JAZILA. Strategi Pemasaran Produk Sepatu Kulit dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di UD.Vistrand Shoes Pekalongan). Strategi pemasaran adalah rencana perusahaan dalam menjalankan kegiatan usahanya untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan. Dengan keadaan lingkungan atau tingkat persaingan yang berubah-ubah perusahaan harus dapat mengantisipasi terjadinya penurunan dengan strategi pemasaran yang baik. Strategi pemasaran UD.Vistrand Shoes Pekalongan ada tiga cara yaitu dengan strategi promosi berupa potongan harga, kualitas pelayanan sales, dan garansi service produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk sepatu kulit Vistrand Shoes Pekalongan dalam meningkatkan keunggulan kompetitif dan strategi pemasaran tersebut ditinjau dari perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan menggunakan sampel sebanyak 10 orang. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yaitu memeriksa kebenaran dengan cara melakukan perbandingan antara data hasil wawancara dengan data hasil observasi apakah sesuai atau tidak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga strategi pemasaran Vistrand tersebut, Vistrand dapat terus berkembang dan tetap lebih unggul dari pesaingnya. Walaupun ada beberapa pesaingnya, Vistrand tetap memiliki keunggulan kompetitif. Dan dalam perspektif etika bisnis Islam, strategi pemasaran yang dilaksanakan di UD.Vistrand Shoes Pekalongan belum sesuai dengan etika bisnis Islam dilihat dari pelaksanaan strategi promosinya, kualitas pelayanan, dan garansi service-nya masih terdapat beberapa permasalahan dari konsumen. Dan perlu adanya evaluasi kepada SDM-nya. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan dan Garansi Service
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan dan Garansi Service | ||||||||
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 331.12 Labor Market/Pangsa Kerja | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Rizi Jawani | ||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2025 04:58 | ||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2025 04:58 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13359 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |