Pengaruh Kepemimpian Kepala Desa, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Complaint Handling Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Layanan Jasa Keuangan BUMDes Kedungjaran

Sari, Ulfa Novita (2022) Pengaruh Kepemimpian Kepala Desa, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Complaint Handling Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Layanan Jasa Keuangan BUMDes Kedungjaran. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2013116051 - Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2013116051 - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2013116051 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Kepuasan nasabah dalam sebuah perusahaan terkhusus perbankan tentunya harus selalu ditingkatkan agar nasabah yang melakukan transaksi akan selalu merasa puas dan melakukan transaksi ulang di perusahaan. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan harus adil dan sama rata terhadap nasabah, selain itu kepercayaan dan complaint handling (penanganan komplain) yang baik dan tepat juga perlu dilakukan sehingga para nasabah merasa aman. Kepemimpinan kepala desa harus baik dan selalu melibatkan warga dalam setiap keputusan, termasuk kebijakan wajib membuka rekening (menjadi nasabah BNI 46) ketika akan membuat surat-surat yang berkaitan dengan desa, sehingga warga harus taat peraturan. Hal tersebut yang mendasari penulis melakukan penelitian tentang kepuasan nasabah menabung di BUMDes Kedungjaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala desa, kualitas pelayanan, kepercayaan, dan complaint handling terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 90 responden. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner, dengan menggunakan Probability Sampling, dengan metode Simple Random Sampling. Alat analisis menggunakan bantuan software SPSS Versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1.) Kepemimpinan Kepala Desa (X1) berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan nasabah menggunakan layanan jasa keuangan di BUMDes Kedungjaran Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. (2.) Kualitas Pelayanan (X2) tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikan 0,818 > 0,05. (3.) Kepercayaan (X3) berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikan 0,008 < 0,05. (4.) Complaint Handling (X4) berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikan 0,044 < 0,05. (5.) Variabel kepemimpinan kepala desa, kualitas pelayanan, kepercayaan, dan complaint handling berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah menggunakan layanan jasa keuangan di BUMDes Kedungjaran Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. (6.) Diperoleh nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,452 atau 45,2% sehingga sekitar 45,2% kepuasan nasabah dijelaskan oleh kombinasi variabel kepemimpinan kepala desa, kualitas pelayanan, kepercayaan, dan complaint handling

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorArisnawati, Nur FaniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Desa, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Complaint Handling, dan Kepuasan Nasabah.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 26 May 2025 01:59
Last Modified: 26 May 2025 01:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13379

Actions (login required)

View Item View Item