Pengaruh Kualitas Pelayanan, Transparansi, dan Akuntabilitas Terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat, Infaq, dan Shodaqoh (ZIS) Di LazisMU Cabang Pekajangan

Lutfiyah, Aini (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Transparansi, dan Akuntabilitas Terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat, Infaq, dan Shodaqoh (ZIS) Di LazisMU Cabang Pekajangan. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
2013116167_Bab1&5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2013116167_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
2013116167_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Menjalankan kewajiban zakat diyakini dapat menjadi salah satu jalan dalam mereduksi kemiskinan yang berlangsung dalam masyarakat. Apabila seluruh umat Islam mempunyai kesediaan untuk merelakan sejumlah hartanya, maka masalah tersebut akan bisa diminimalkan. Akan tetapi, hingga sekarang zakat yang dikumpulkan tidak selaras pada realisasi serta potensi yang tersalurkan. Hal tersebut dikarenakan minat masyarakat untuk membayar zakat masih sangat rendah, maka diperlukan adanya peningkatan minat dalam masyarakat. Peningkatan minat membayar zakat dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Kualitas pelayanan, transparansi dan akuntabilitas menjadi faktor yang mempengaruhi minat masyarakat membayar zakat, infaq, dan shodaqoh (ZIS) di LazisMU Cabang Pekajangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan, transparansi, akuntabilitas, dan minat membayar zakat, infaq, dan shodaqoh (ZIS). Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dengan teknik sampel acak. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 81 responden yang membayar ZIS pada LazisMU Cabang Pekajangan. Uji analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membayar ZIS terbukti dengan nilai sig 0,032 < 0,05 dan nilai thitung 2,185 > ttabel 1,99125. Variabel transparansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membayar ZIS terbukti dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 6,864 > ttabel 1,99125. Variabel akuntabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membayar ZIS terbukti dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 6,328 > ttabel 1,99125. Variabel kualitas pelayanan, transparansi, dan akuntabilitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membayar ZIS terbukti dengan Fhitung > Ftabel yaitu 173,290 > 2,72 dan nilai sig 0,000 > 0,05. Berdasarkan hasil analisis, diketahui nilai koefisien determinan diperoleh sebesar 0,866. Hal tersebut menunjukkan bahwa 86,6% variabel-variabel minat membayar ZIS dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan, transparansi, dan akuntabilitas. Sedangkan sisanya 13,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dilakukan pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAenurofik, AenurofikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, transparansi, akuntabilitas, dan minat membayar ZIS
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 26 May 2025 02:35
Last Modified: 26 May 2025 02:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13387

Actions (login required)

View Item View Item