Strategi Bisnis Toko Klontong Di Tengah Pandemi Covid 19 Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di Kelurahan Pelutan Kecamatan Pemalang)

Suci, Klaratri Mahendra (2021) Strategi Bisnis Toko Klontong Di Tengah Pandemi Covid 19 Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di Kelurahan Pelutan Kecamatan Pemalang). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURAHMAN WAHID.

[img] Text
4117094_Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4117094_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
4117094_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: Https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Toko kelontong merupakan industri kecil dalam penjualan produk secara langsung pada konsumen akhir dimana jumlah pekerjanya sedikit yang biasanya terdiri dari anggota keluarga sendiri. Namun dengan adanya pandemi Covid 19 seperti ini berdampak pada bisnis toko kelontong di daerah Kelurahan Pelutan, jumlah pembeli mayoritas berkurang sehingga pendapatan yang diperoleh pun menurun. Untuk itu agar bisa bertahan di tengah pandemi para pemilik toko kelontong memerlukan strategi bisnis agar bisa tetap mempertahankan bisnisnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi bisnis toko kelontong ditengah pandemi Covid 19 dan bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap strategi bisnis yang diterapkan pemilik toko kelontong di Kelurahan Pelutan. Dalam mengidentifikasi permasalahan tersebut, pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan melalui metode obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan segala sesuatu tentang strategi bisnis toko kelontong ditengah pandemi covid 19 dan tinjauan etika bisnis Islam pada strategi bisnis yang digunakan pemilik toko kelontong di daerah Kelurahan Pelutan. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa pemilik toko kelontong di daerah Kelurahan Pelutan sudah menerapkan strategi 6R yang meliputi right product (produk), right quantity (kuantitas), right price (harga), right time (waktu), right place (tempat), dan right appeals promotion (promosi), namun dimasa pandemi covid 19 seperti ini ada beberapa pola strategi yang berubah seperti dalam strategi promosi, lebih memaksimalkan promosi melalui media online. Adapun strategi yang bersifat vital dan dapat mempengaruhi keberlangsungan usaha yaitu modal, modal digunakan untuk menunjang kegiatan usaha dan memenuhi produktifitas untuk memperoleh pendapatan, strategi lain yang bisa dilakukan pemilik toko kelontong adalah bersikap ramah dan mengutamakan pelayanan yang baik. Sedangkan tinjauan etika bisnis Islam terhadap strategi bisnis yang dilakukan pemilik toko kelontong di daerah Keluraha Pelutan sudah sesuai dengan etika bisnis Islam karena tidak bertentangan dengan syariat Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Toko Klontong, Strategi Bisnis, Pandemi Covid 19, Etika Bisnis Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 28 May 2025 02:59
Last Modified: 28 May 2025 02:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13436

Actions (login required)

View Item View Item