Penerapan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V MIS Wuled Tirto Pekalongan

UNSPECIFIED (2020) Penerapan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V MIS Wuled Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penerapan pendidikan karakter merupakan suatu cara dalam meningkatkan pembangunan kualitas sumber daya manusia. Dimana Peserta didik anak Usia Sekolah dasar merupakan masa yang tepat untuk memupukkan karakter yang baik. Penanaman nilai-nilai moral pada anak usia sekolah dasar sejatinya melekat pada setiap mata pelajaran. Jika pada masa ini penanaman nilai-nilai moralitas secara sempurna, maka akan menjadi pondasi dasar dan kepribadian anak ketika dewasa kelak. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di kelas V MIS Wuled Tirto Pekalongan. Apa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di kelas V MIS Wuled Tirto Pekalongan. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik. dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di kelas V MIS Wuled Tirto Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran yang digunakan guru berupa silabus yang tidak dibuat sendiri dan RPP yang dibuat sendiri. Dalam pelaksanaannya guru menerapkan pendidikan karakter pada kegiatan pembelajaran, keteladanan, penanaman disiplin, kegiatan sekolah dan pembiasaan. Untuk penilaiannya menggunakan penilaian autentik. Faktor pendukung yaitu semangat guru, buku memadai, kerjasama dengan walimurid, dan pembiasaan. Sedangkan Faktor penghambatnya yaitu situasi pandemi, faktor lingkungan dan media sosial, kurang dukungan dari orangtua, serta keterbatasan waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNanang, Hasan SusantoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Karakter, Pembelajaran, Tematik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 04 Jun 2021 03:57
Last Modified: 04 Jun 2021 03:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1346

Actions (login required)

View Item View Item