Indah, Nurmala (2025) Peran Guru Kelas Dalam Mengatasi Terjadinya Verbal Bullying Pada Siswa Kelas vI SD 02 Dadirejo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321044_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2321044_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2321044_Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Indah, Nurmala. 2025. Peran Guru Kelas dalam Mengatasi Terjadinya Verbal Bullying pada Siswa Kelas VI SD Negeri 02 Dadirejo Kabupaten Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam Negeri (UIN) K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Dr. Hj. Sopiah, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru, Verbal Bullying, Sekolah Dasar Di era digitalisasi, kasus bullying, terutama verbal bullying, marak terjadi di lingkungan sekolah dan berdampak negatif pada psikologis serta akademik siswa. Verbal bullying, seperti ejekan dan hinaan, sering terjadi di SD Negeri 02 Dadirejo, khususnya di kelas VI, dipengaruhi oleh faktor internal, pola asuh keluarga, serta tekanan lingkungan sekolah dan media. Guru memiliki peran penting dalam mengatasi verbal bullying melalui bimbingan, nasihat, dan sesi konseling guna mencegah serta mengontrol perilaku siswa. Jika dibiarkan, verbal bullying dapat meninggalkan luka psikologis yang mendalam, sehingga upaya guru dalam menangani masalah ini menjadi krusial untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana verbal bullying yang terjadi pada siswa kelas VI di SD Negeri 02 Dadirejo?, 2) Bagaimana peran guru dalam mengatasi verbal bullying pada siswa kelas VI di SD Negeri 02 Dadirejo?, dan 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengatasi verbal bullying pada siswa kelas VI di SD Negeri 02 Dadirejo?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan verbal bullying yang terjadi, mendiskripsikan peran guru dalam mengatasi verbal bullying, dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam mengatasi verbal bullying pada siswa kelas VI di SD Negeri 02 Dadirejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas VI, dan perwakilan siswa kelas VI, serta observasi di kelas kelas VI di SD Negeri 02 Dadirejo. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi terkait peran guru dalam mengatasi verbal bullying. Keabsahan data melalui triangulasi sumber yaitu kepala sekolah, guru kelas VI, dan perwakilan siswa kelas VI, serta melalui triangulasi teknik yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahapan: Pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Verbal bullying yang terjadi pada siswa kelas VI di SD Negeri 02 Dadirejo mencakup berbagai bentuk, seperti penghinaan (insulting), panggilan nama (name-calling), sarkasme (sarcasm), ancaman (threats), dan mengolok-olok (mocking/ridiculing); 2) Peran guru dalam mengatasi verbal bullying yaitu sebagai pembimbing, penasihat, mediator, dan fasilitator, guru mengarahkan siswa untuk berkomunikasi sopan, memberikan nasihat kepada pelaku dan korban bullying, serta menyelesaikan konflik secara persuasif dan damai; dan 3) Faktor pendukung dalam mengatasi verbal bullying di SD Negeri 02 Dadirejo mencakup peran aktif guru, dukungan sekolah, serta kerja sama dengan orang tua, sementara faktor penghambat meliputi rendahnya kesadaran siswa, kebiasaan bercanda yang kurang tepat, pola komunikasi buruk di keluarga, serta karakteristik siswa yang rentan sebagai korban atau pelaku.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Verbal Bullying, Sekolah dasar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 04 Jun 2025 06:25 | ||||||||
Last Modified: | 04 Jun 2025 06:25 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13486 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |