Strategi Kampanye Crowdfunding Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia Di Instagram Untuk Mendukung Pengobatan Anak Penderita Kanker

Setianto, Wahyu (2025) Strategi Kampanye Crowdfunding Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia Di Instagram Untuk Mendukung Pengobatan Anak Penderita Kanker. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3421119_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (715kB)
[img] Text
3421119_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20 LAMPIRAN(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Crowdfunding telah menjadi salah satu metode penggalangan dana yang efektif dalam mendukung berbagai kegiatan sosial, termasuk pengobatan anak penderita kanker. Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia merupakan salah satu organisasi yang memanfaatkan media sosial, khususnya Instagram, sebagai alat kampanye untuk menggalang dana. Dalam penelitian ini ditemukan adanya strategi kampanye crowdfunding yang dilakukan oleh Yayasan Pita Kuning di Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kampanye crowdfunding yang diterapkan oleh Yayasan Pita Kuning di Instagram dalam mendukung pengobatan anak penderita kanker. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi media sosial, dan analisis konten pada akun Instagram @pita_kuning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kampanye crowdfunding Yayasan Pita Kuning dimulai dari perencanaan konten yang spesifik dalam menyampaikan pesan kemanusiaan, setelah itu akan dilakukan pengukuran efektivitas kampanye melalui keterlibatan audiens dan jumlah donasi yang terkumpul, serta pencapaian target donasi yang realistis dalam jangka waktu tertentu. Relevansi kampanye dengan isu sosial yang diangkat dan keberlanjutan unggahan yang sesuai dengan misi yayasan turut mendukung keberhasilan penggalangan dana. Dengan penerapan strategi ini, kampanye yang dijalankan oleh Yayasan Pita Kuning tidak hanya berhasil meningkatkan kesadaran publik terhadap kondisi anak-anak penderita kanker, tetapi juga membangun kepercayaan masyarakat untuk berkontribusi dalam bentuk donasi. Untuk meningkatkan partisipasi publik Yayasan Pita Kuning memanfaatkan fitur instagram seperti Instagram Stories, Highlight, dan Reels karena tiga fitur tersebut yang mempunyai feedback banyak yang diperoleh pita kuning. Selain itu jenis konten tentang anak pita kuning dan konten pekerja sosial menjadi konten yang paling mendapat banyak dukungan dari audien. Faktor lain yaitu kampanye yang dilakukan oleh Yayasan Pita Kuning juga menekankan transparansi dalam penggunaan dana guna membangun kepercayaan publik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh Yayasan Pita Kuning di Instagram berhasil dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dan mendorong partisipasi donasi. Dengan pendekatan yang tepat dan konsisten, media sosial dapat menjadi alat yang kuat dalam mendukung kampanye crowdfunding untuk tujuan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrastya, DimasUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kampanye Crowdfunding, Media Sosial, Instagram, Yayasan Pita Kuning, Anak Penderita Kanker.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.59 Pers dan Media Massa Islam di Lokasi Tertentu
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 04 Jun 2025 04:21
Last Modified: 04 Jun 2025 04:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13494

Actions (login required)

View Item View Item