Syamsudin, Syahrul (2018) Faktor yang mempengaruhi peningkatan jumlah nasabah simpanan berjangka (deposito) di KSPPS SMNU Cabang Siwalan. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (2MB) |
|
Text
Full Text.pdf Download (3MB) |
Abstract
Deposito atau simpanan berjangka merupakan investasi melalui simpanan pihak ketiga (perorangan atau badan hokum) yang penarikannya hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu, dengan mendapatkan imbalan berupa bagi hasil. KSPPS SMNU selaku pengelola dana menerapkan akad mudharabah untuk produk simpanan berjangka dan nasabah bertindak sebagai pemilik dana (shahibul maal). Pada dasarnya ketertarikan nasabah terhadap suatu produk berkaitan dengan beberapa faktor yang mempengaruhinya, dalam penelitian ini faktor yang paling dominan pada produk deposito adalah faktor promosi, pelayanan dan bagi hasil. Adapun masalah yang diteliti ini adalah faktor apa saja yang berpengaruh dalam peningkatan jumlah nasabah simpanan berjangka di KSPPS SMNU Cabang Siwalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan jumlah nasabah simpanan berjangka di KSPPS SMNU Cabang Siwalan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dari nasabah deposito. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan mendeskripsikan dan kemudian menarik kesimpulan Analisis yang diperoleh adalah pemahaman tentang produk simpanan berjangka di KSPPS SMNU menggunakan akad mudharabah, yakni akad yang pengelolaan dana deposito sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengelola dana (mudharib). Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan jumlah nasabah simpanan berjangka (deposito) antara lain produk (product), harga (price), promosi (promotion), tempat (place), orang (people), proses dan layanan (process), fasilitas fisik (Physical avidance. Terdapat pengaruh yang signifikan pada faktor promosi, pelayanan dan bagi hasil (price). Faktor promosi berpengaruh karena dalam menarik nasabah pihak KSPPS SMNU melakukan promosi melalui iklan, brosur dan pendekatan personal. Selain promosi melalui proses pelayanan yang diberikan pihak KSPPS SMNU memberikan pelayanan jemput bola dimana karyawan KSPPS SMNU yang akan datang ke rumah untuk memberitahukan kelengkapan dokumen yang harus dipenuhi. Sedangkan harga (price) atau bagi hasil termasuk faktor yang paling dominan untuk menarik minat nasabah dalam mendeposito dana di KSPPS SMNU dengan prosentase bagi hasil antara 0.65-0.75%.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | simpanan berjangka (deposito), strategi pemasaran. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | Thohirin Thohirin | ||||||||
Date Deposited: | 12 May 2020 04:40 | ||||||||
Last Modified: | 13 Jan 2021 09:18 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/135 |
Actions (login required)
View Item |