Penerapan Metode Faltorcama Dalam Program Hafalan Juz ‘Amma Siswa Kelas 3b MI Salafiyah Karangdadap Pekalongan

Ardiansyah, M. Yuga Destri (2025) Penerapan Metode Faltorcama Dalam Program Hafalan Juz ‘Amma Siswa Kelas 3b MI Salafiyah Karangdadap Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320032_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2320032_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2320032_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh gadget, atau handphone. Ditambah lagi dalam perkembangan teknologi saat ini penggunaan sepeda Listrik yang sedang popular di kalangan masyarakat karena sepeda listrik kini menjadi gaya hidup. Terutama kalangan siswa yang telah kecanduan game online dan bermain sepeda listrik, sehingga kehilangan minat untuk menghafal Al-Qur’an. Salah satu usaha untuk meningkatkan program hafalan Juz ‘Amma dengan metode faltorcama. Program hafalan Juz ‘Amma menjadi program unggulan MI Salafiyah Karangdadap Pekalongan. Adapun rumusan masalah penelitian adalah: 1) Bagaimana penerapan metode faltorcama dalam meningkatkan program hafalan Juz ‘Amma siswa kelas 3B MI Salafiyah Karangdadap Pekalongan?. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode faltorcama pada program hafalan Juz ‘Amma siswa kelas 3B MI Salafiyah Karangdadap Pekalongan?. Dan tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode faltorcama dalam meingkatkan program hafalan Juz ‘Amma siswa kelas 3B MI Salafiyah Karangdadap Pekalongan. 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan metode faltorcama pada program hafalan Juz ‘Amma kelas 3B MI Salafiyah Karangdadap Pekalongan. Jenis penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, waka kesiswaan, wali kelas 3B dan perwakilan siswa kelas 3B. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari buku dan peneliti dari peneliti sebelumnya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Faltorcama dalam program hafalan Juz ‘Amma di MI Salafiyah Karangdadap Pekalongan telah terlaksana dengan baik. Adapun langkah-langkah yang digunakan: pertama, persipan guru mengkondisikan siswa agar siswa siap dan fokus dalam menghafal. Kedua, pelaksanaan yaitu setor dan muraja’ah. Ketiga, evaluasi dilakukan dengan cara guru membenarkan secara langsung bacaan siswa yang kurang tepat dari segi bacaan maupun tajwidnya ketika setoran. Adapun Faktor pendukungnya: adanya guru yang berkompeten, motivasi dari diri siswa sendiri dan faktor lingkungan atau suasana kelas yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya: kemampuan siswa yang berbeda-beda dan kurangnya waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayat, M. MujibUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Faltorcama, Meningkatkan Hafalan, Juz ‘Amma.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 12 Jun 2025 02:10
Last Modified: 12 Jun 2025 02:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13507

Actions (login required)

View Item View Item