Analisis swot sebagai dasar perumusan strategi pemasaran berdaya saing (studi kasus cv. Batik mawar indah tegal)

Amasy, Fais Ikrimatul Baroroh (2022) Analisis swot sebagai dasar perumusan strategi pemasaran berdaya saing (studi kasus cv. Batik mawar indah tegal). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2013115114 - Bab1&5.pdf

Download (13MB)
[img] Text
2013115114-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)
[img] Text
2013115114 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Strategi Pemasaran sangat di perlukan dalam sebuah perusahan, karena dengan strategi pemasaran yang baik maka akan mampu menarik konsumen lebih banyak agar membeli produk yang di tawarkan. Skripsi ini di buat bertujuan untuk menganalisis dan menentukan strategi pemasaran alternative yang dapat dilakukan oleh CV. Batik Mawar Indah Tegal. metode penelitian yang di gunakan berupa analisis deskriptif kualitatif dan analisis SWOT. Analisis deskriptif kualitatif merupakan serangkaian informasi yang di cari dari hasil penelitian. Teknik pengumpulan data yang di lakukan oleh penulis adalah dengan melakukan wawancara dan observasi langsung pada owner dan para pekerja CV. Batik Mawar Indah Tegal. Selain itu juga di dukung dengan buku-buku, jurnal serta sumber lain yang berkaitan dengan judul peneliatan. Hasil yang di peroleh adalah CV. Batik Mawar Indah Tegal berada pada kudran 1 yang pada posisi Strategi Growth Oriented Strategy, yang artinya perusahaan memiliki banyak peluang untuk mengembangkan perusahaannya dengan memaksimalkan kekuuatan yang dimiliki untuk mengangkap peluang sebanyak banyaknya dan juga bisa meminimalkan kelemahan serta mengatasi atau membatasi terjadinya ancaman dari berbagai pihak. Adapun Strategi Alternatif yang dapat di lakukan oleh CV. Batik Mawar Indah Tegal adalah Strategi SO (Strength-Opportunity) yaitu Mempertahankan SDM yang ada, demi menjaga kualitas produk yang sudah baik, Manambah jenis produk agar produk yang dihasilkan lebih bervariasi, Memperbesar pangsa pasar agar produk lebih di kenal masyarakat luas. Strategi ST (Strength-Threat) yaitu Mempertahankan kualitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan, Mempertahankan loyalitas terhadap konsumen, agar terciptanya pelayanan yang baik, Mencari alternative lain untuk memperoleh bahan baku yang lebih banyak dan mencukupi, Semakin gencar mempromosikan batik khas Tegal di acara kedaerahan. Strategi WO (Weakness-Opportunity)yaitu Meningkatkan efisiensi dalam produksi, Meningkatkan teknologi alat produksi, agar produk yang di hasilkan bisa lebih bervariasi lagi jenisnya, Memanfaatkan teknologi yang ada secara maksimal. Srategi WT ( Weakness-Threath), Membuat toko atau gerai secara offline dan online, agar konsumen bisa dengan mudah dalam membeli produknya, Menciptakan jenis batik yang lain, agar konsumen bisa memilih jenis dan harga yang cocok untuk konsumen, Memanfaatkan teknologi secara maksimal agar bisa membantu dalam produksi yang lebih besar

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGunawan, AdeUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Analisis Swot, Batik, Daya Saing
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 05 Jun 2025 03:02
Last Modified: 05 Jun 2025 03:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13508

Actions (login required)

View Item View Item