Pelaksanaan Bimbingan Islami Untuk Meningkatkan Kemampuan Beribadah Salat Anak Tunadaksa Di Sekolah Luar Biasa Negeri Pekalongan

Pritiwi, Sisillia Ayu (2025) Pelaksanaan Bimbingan Islami Untuk Meningkatkan Kemampuan Beribadah Salat Anak Tunadaksa Di Sekolah Luar Biasa Negeri Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3521057_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (628kB)
[img] Text
3521057_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kemampuan beribadah salat anak tunadaksa sering kali terhambat oleh keterbatasan fisik yang mereka alami, seperti gangguan pada otot, tulang, dan sendi yang berdampak pada pelaksanaan gerakan salat. Salah satu pendekatan yang dapat membantu mengatasi tantangan ini adalah melalui bimbingan Islami. Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pekalongan, bimbingan Islami diterapkan untuk meningkatkan kemampuan anak tunadaksa dalam beribadah salat agar tetap dapat menjalankan kewajiban agama meskipun dalam kondisi terbatas. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan bimbingan Islami untuk meningkatkan kemampuan beribadah salat anak tunadaksa di SLB Negeri Pekalongan dan bagaimana kemampuan beribadah salat anak tunadaksa di SLB Negeri Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan Islami serta kemampuan anak tunadaksa dalam melaksanakan ibadah salat. Penelitian ini bermanfaat bagi sekolah sebagai masukan dalam merancang program pembelajaran religius yang adaptif, bagi guru sebagai acuan metode bimbingan yang aplikatif, bagi masyarakat umum dalam memahami pentingnya dukungan spiritual bagi anak disabilitas, dan bagi anak tunadaksa sendiri untuk memperoleh bimbingan keagamaan yang sesuai dengan kebutuhan mereka, sehingga dapat meningkatkan kemandirian, kesejahteraan emosional, serta keterlibatan sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan Islami memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kemampuan salat anak tunadaksa di SLB Negeri Pekalongan. Pelaksanaan bimbingan dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap awal, tahap tengah, dan tahap akhir, dengan menerapkan metode ceramah, demonstrasi, dan praktik langsung. Bimbingan Islami yang diberikan mampu membantu anak menyesuaikan gerakan salat dengan kondisi fisik mereka, meningkatkan pemahaman terhadap tata cara salat, serta kemampuan membaca bacaan salat. Selain itu, bimbingan ini juga menumbuhkan motivasi dan kepercayaan diri anak dalam menjalankan ibadah secara lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAkhwanuddin, AfithUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islami, Ibadah Salat, dan Anak Tunadaksa.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 11 Jun 2025 02:48
Last Modified: 11 Jun 2025 02:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13518

Actions (login required)

View Item View Item