Peran Pembimbing Agama Islam Dalam Membentuk Penerimaan Diri Pada Remaja Panti Asuhan Yatim (Pay) Muhammadiyah Kajen Pekalongan

Nabila Tri Azkiyana, Nabila (2025) Peran Pembimbing Agama Islam Dalam Membentuk Penerimaan Diri Pada Remaja Panti Asuhan Yatim (Pay) Muhammadiyah Kajen Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3521010_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3521010_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
3521010_LampiranSkripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Nabila Tri Azkiyana. 2025. Peran Pembimbing Agama Islam Dalam Membentuk Penerimaan Diri Pada Remaja Panti Asuhan Yatim (PAY) Muhammadiyah Kajen Pekalongan. Skripsi Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam, Universitas Islam Negeri K.H.Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Adib ‘Aunillah Fasya, M.S.I. Kata kunci : Peran pembimbing Agama Islam, Penerimaan Diri Panti Asuhan merupakan lembaga sosial yang menyediakan tempat tingggal dan memberikan segala kebutuhan kepada anak-anak yang tidak memiliki orang tua atau keluarga yang kurang mampu merawat mereka. Anak yang tinggal di panti asuhan seringkali mengalami kendala psikologis mereka seperti penerimaan diri akibat pengalaman hidup yang berbeda dengan anak seusianya. Dalam membentuk suatu penerimaan diri positif memang bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan, membutuhkan proses yang melibatkan keyakinan dan kemauan dalam diri serta perlu adanya dukungan yang diberikan kepada mereka agar lebih mudah melalui proses tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana Peran Pembimbing Agama Islam Dan Dampaknya Dalam Membentuk Penerimaan Diri Remaja Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kajen Pekalongan, (2) Bagaimana Gambaran Penerimaan Diri Pada Remaja Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kajen Pekalongan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Bagaimana Peran Pembimbing Agama Islam Dan Dampaknya Dalam Membentuk Penerimaan Diri Remaja Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kajen Pekalongan, Bagaimana Gambaran Penerimaan Diri Pada Remaja Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kajen Pekalongan? Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dimana proses pencarian data yang menyangkut persoalan penelitian bukan diambil dari kutipan atau dokumen namun diambil dari kenyataan yang ada dilapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran pembimbing agama Islam dalam membentuk penerimaan diri yaitu sebagai pengganti figur orang tua, motivator, konselor dan suri tauladan. Pembimbing Agama memiliki peran penting dalam membentuk penerimaan diri dengan memberikan dukungan emosional, menanamkan nilai agama dan moral serta memfasilitasi segala kebutuhan untuk mendukung remaja membentuk penerimaan diri yang positif. Adapun keadaan penerimaan diri remaja panti dimana pada awalnya mereka belum mampu menerima diri mereka dan keadaan mereka. Namun dengan adanya peran pembimbing agama Islam memberikan perubahan dalam hal perasaan sederajat yang membuat remaja panti merasa setara dengan orang lain, mengetahui potensi diri

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAdib ‘Aunillah Fasya, M.S.I, Adib1992012120220310012-
Uncontrolled Keywords: Peran pembimbing Agama Islam, Penerimaan Diri
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 10 Jun 2025 03:14
Last Modified: 10 Jun 2025 03:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13521

Actions (login required)

View Item View Item