Nazilah, Muslikhatun (2025) Analisis Wacana Dakwah Akun TikTok @Ahmadrisyad Melalui Tagar #Nasihatayah (Model Wacana Halliday). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3421125_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (617kB) |
![]() |
Text
3421125_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
18 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
Abstract
Dakwah merupakan salah satu tugas yang diemban oleh umat Islam untuk menyebarkan ajaran Islam kepada seluruh umat manusia. Dalam Islam dakwah memiliki peran penting dalam mengajak dan memberikan pemahaman kepada orang lain tentang ajaran agama, keimanan, dan kebaikan. Dahulu, dakwah dilakukan melalui ceramah, kultum, dan kegiatan komunitas yang memungkinkan interaksi langsung. Namun, dengan kemunculan media sosial, dakwah telah beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan memanfaatkan platform-platform tersebut untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Berdasarkan latar belakang yang telah disampaikan penulis akan menjelaskan rumusan masalah yaitu bagaimana wacana dakwah akun TikTok @ahmadrisyad melalui tagar #nasihatayah dengan Model Halliday. Secara Teoritis penelitian ini bertujuan untuk mendalami analisis wacana melalui model Halliday serta mengeksplorasi konten dakwah di platform TikTok. Manfaat Praktis penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang strategi komunikasi dakwah yang efektif dan menjadi referensi bagi mahasiswa komunikasi dan Penyiaran Islam dalam analisis wacana. Pendekatan penelitian yang digunakan kualitatif dan menggunakan metode analisis wacana serta jenis penelitiannya kualitatif deksriptif. Peneliti menggunakan sampel dan teknik pengambilan purposive sampling dengan indikator video bertagar #nasihatyah sebanyak 10 video yang mengandung nilai-nilai ajaran agama Islam meliputi Akidah, Syariah, dan Akhlak sebagai data. Sumber data primer dikumpulkan melalui observasi terhadap konten atau video dengan tagar #nasihatayah yang diunggah pada Akun TikTok @ahmadrisyad. Sumber data sekunder diperoleh dari jurnal, buku, artikel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Medan dakwah terbagi dalam tiga kategori: akidah, akhlak, dan syariah. Konten akidah, yang terdiri dari tiga video, membahas keteguhan hati, rasa syukur, dan pentingnya berpegang teguh pada agama. Konten akhlak, yang terdapat dalam empat video, menyoroti etika, kesopanan, pentingnya menjaga keseimbangan menghadapi hinaan, dan berdoa untuk syukur. Konten syariah, yang terdiri dari tiga video, membahas kebahagiaan dunia dan akhirat, pentingnya shalat, serta peran perempuan dalam keluarga. Pelibat Wacana ini melibatkan Mohammad Ali sebagai da'i (komunikator) selanjutnya Ahmad Risyad dan penonton yang melihat tayangan video tersebut sebagai mad'u (komunikan). Sarana wacana dalam video ini bersifat dialogis, menggunakan medium video dengan saluran lisan melalui TikTok, serta modus retoris yang persuasif untuk mengarahkan penonton agar lebih bijak dalam berakidah, berakhlak, dan bersyariah sesuai dengan pedoman agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Dakwah, TikTok, Wacana Halliday | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.59 Pers dan Media Massa Islam di Lokasi Tertentu 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jun 2025 07:08 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jun 2025 07:08 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13525 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |