Metode Bimbingan Islami dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa di SMK Peternakan Lembah Hijau Reban

Salsabila, Nabila Rosa (2025) Metode Bimbingan Islami dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa di SMK Peternakan Lembah Hijau Reban. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3520031_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (711kB)
[img] Text
3520031_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kecerdasan emosional yang dimiliki oleh siswa SMK Peternakan Lembah Hijau sebelumnya siswa belum mampu untuk mengekspresikan dan mengenali emosi dalam dirinya sendiri, belum terbuka terhadap permasalahannya serta kurangnya motivasi dalam diri. Bimbingan Islami diterapkan untuk membantu siswa mengembangkan kecerdasan emosional seperti memahami emosi, mengelola emosi, motivasi diri, empati dan membangun hubungan sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana kecerdasan emosional siswa di SMK Peternakan Lembah Hijau Reban, Bagaimana metode bimbingan Islami dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMK Peternakan Lembah Hijau Reban. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa di SMK Peternakan Lembah Hijau Reban. Untuk mengetahui metode bimbingan Islami dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMK Peternakan Lembah Hijau Reban. Manfaat penelitian: penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi pembimbing dalam, memberikan layanan, khususnya mengenai bimbingan Islami dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif jenis penelitian lapangan. Sumber data primer dalam penelitian ini yakni guru BK serta tiga siswa dan data sekunder berasal dari dokumen arsip sekolah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan emosional siswa di SMK Peternakan Lembah Hijau sebelumnya memiliki masalah dalam mengekspresikan emosi diri, belum terbuka terhadap permasalahannya, kurangnya motivasi dalam diri. Setelah mengikuti bimbingan Islami, kecerdasan emosional siswa mengalami perkembangan yang baik. Diantaranya melalaui program bimbingan Islami seperti kajian rutin dan apel rutin dengan metode mauidzoh hasanah, mujadalah, bil hikmah dan metode kisah yang bertujuan mengembangkan aspek kecerdasan emosional dalam hal motivasi diri, program silih asah, silih asih dan silih asuh bertujuan mengembangkan kecerdasan emosional dalam hal empati, motivasi diri dan membangun hubungan sosial. Sedangkan program penggalangan dana bagi korban bencana alam bertujuan mengembangkan aspek kecerdasan emosional dalam hal empati dan membangun hubungan sosial yang positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMutohharoh, AnnisaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islami, Kecerdasan Emosional
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 11 Jun 2025 07:00
Last Modified: 11 Jun 2025 07:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13526

Actions (login required)

View Item View Item