Strategi Pengembangan Halal Tourism Melalui Media Sosial (Studi Kasus Objek Wisata Linggo Asri Kabupaten Pekalongan)

Abidiyanto, Mohamad Sahrul (2022) Strategi Pengembangan Halal Tourism Melalui Media Sosial (Studi Kasus Objek Wisata Linggo Asri Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4117014_Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4117014_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
4117014_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitin ini adalah 1) mendeskripsikan bagaimana strategi pengembangan halal tourism melalui media sosial di objek wisata Linggo Asri Kabupaten Pekalongan, 2) menjelaskan peranan media sosial terhadap pengembangan halal tourism di objek wisata Linggo Asri Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi dengan narasumber yang memiliki pengetahuan lebih mengenai objek wisata. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis reduksi data, display data, dan kemudian kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pengembangan pariwisata adalah salah satu strategi yang dipakai. Tanpa adanya manajemen dan strategi yang baik, maka perkembangan pariwisata juga akan terhambat. Penulis memilih teori untuk strategi pengembangan menggunakan Strategi Daya Dukung (Caryying Capacity), Daya Dukung Rekreasi (Recreation Carrying Capacity), Spektrum Peluang Rekreasi (Recreation Opportunity Spectrum), Manajemen Dampak Pengunjung Model (Visitor Impact Management Model), dan Pengalaman Pengunjung dan Model Perlindungan Sumber Daya (Visitor Experience and Resource Protection Model). Berdasarkan analisis yang penulis, media sosial menjadi pilihan yang sangat tepat untuk mempromosikan pariwisata. Dengan beberapa aspek dan komponen penilaian. Objek Wisata Linggo Asri sudah bisa dikategorikan sebagai wisata syariah, namun terdapat beberapa komponen yang harus ditingkatkan agar kualitas objek wisata menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAdinugraha, Hendri HermawanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Wisata Syariah, dan Media Sosial
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 11 Jun 2025 08:09
Last Modified: 11 Jun 2025 08:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13539

Actions (login required)

View Item View Item