Peran kyai dalam menghadapi kenakalan remaja santri di pondok pesantren tahfidhul qur’an “Nurul Qur’an” desa Podo Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

Fatihin, Hoerul (2020) Peran kyai dalam menghadapi kenakalan remaja santri di pondok pesantren tahfidhul qur’an “Nurul Qur’an” desa Podo Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Remaja santri merupakan anak didik Kyai di pondok pesantren dengan rentang usia 12 tahun hingga 18 tahun, Semua tata aturan dalam pondok pesantren dibuat dengan tujuan untuk mengarahkan santri menjadi lebih baik. Kyai sebagai guru dan orang tua sehingga semua yang dilakukan para santria kan diawasi dengan baik oleh Kyai. Perilaku para santri di pondok pesantren dinilai baik ketika mampu memenuhi segala aturan yang ada. Tata tertib yang ada di pondok pesantren seperti ghosob, mencuri, pacaran, tidak mengikuti jama’ah, membawa HP dan lain nya sering kali dihiraukan oleh beberapa santri dengan sebab terbatasnya kedisiplinan pada diri santri. Santri yang dimaksud adalah santri di pondok pesantrenTahfidhul Qur’an Nurul Qur’an. Dengan adanya permasalahan yang terjadi di pondok pesantrenTahfidhul Qur’an Nurul Qur’an maka penulis memiliki tiga rumusan masalah yaitu apa bentuk kenakalan santri, peran Kyai dan factor pendukung penghambat peran Kyai. Dalam penelitian skripsi yang penulis lakukan dengan tujuan untuk mengetahui bentuk kenakalans antri, peran yang ada pada Kyai, factor pendukung dan penghambat peranKyai dalam menghadapi kenakalan santri. Dalam penulisan skripsi yang peneliti lakukan dalam metodologi penulisannya adalah jenis penelitian kualitatif yang bertempat di pondok pesantren Tahfidhul Qur’an Nurul Qur’an Desa Podo Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan dengan waktu 8-10 Januari 2020. Sumber data yang peneliti gunakan adalah Kyai Muhammad Thoha AD sebagai sumber data primer dan sumber data sekunder meliputi para santri, buku-buku perpustakaan dan sumber lain yang terkait. Sedangkan tehnik pengumpulan data meliputi metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam untuk mendalami ilmu keagamaan Islam dan mengamalkan nya sebagai pedoman hidup sehari-hari dengan penekanan pentingnya moral dalam hidup bermasyarakat. Kehidupan di pondok pesantren erjalin dengan baik antara santri dengan Kyai. Hasil penelitian dalam skripsi adalah pertama, bentuk kenakalan santri di pondok pesantren tahfidhul Qur’an Nurul Qur’an adalah merokok, membawa HP, pacaran, tidak mengikuti jama’ah, ghosob, keluar melewati batas, semir rambut, menonton konser dan tidur di kost teman sekolah. Bentuk kenakalan tersebut dibagi dalam dua kategori yaitu sesuai dengan KUHP dan pelanggaran norma social atau norma lainnya. Peran Kyai diantaranya yaitu pengajaran, kyai memberikan ilmu pengetahuan kepada para santri melalui kitab yang dimilikinya. Kyai sebagai pendidik, yaitu memberikan ilmutentag cara bersikap dan berperilaku dengan baik. Kyai sebagai pensucian, yaitu mengajarkan para santri untuk memiliki jiwa yang bersih dan lebih dekat dengan Allah Swt. Dalam menjalankan perannya Kyai memiliki factor pendukung sehingga peran yang dipegang dapat berjalan dengan baik. Factor pendukung tersebut adalah ada nya kegiatan ekstra kulikuler yang membantu waktu kosong bagi santri, selain itu ekstra kulikuler dimanfatakan untuk mengembangkan bakat dan minat para santri seperti hal nya hadrah, khitabah dan olahraga. Sedangkan factor penghambat peran Kyai adalah rata-rata santri yang bersekolah formal di luar pondok pesantren sehingga pihak pondok dan Kyai tidak dapat mengawasi perilaku para santri dan kegiatan Kyai di luar pondok

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRiskiana, RiskianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kyai, PeranKyaidanKenakalanSantri
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:04
Last Modified: 11 Jun 2021 03:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1356

Actions (login required)

View Item View Item