Penerapan Metode Debat Aktif untuk Melatih Kecerdasan Linguistik Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V MI Islamiyah Besani Kecamatan Blado Kabupaten Batang

Yulistiawan, Rizqi (2020) Penerapan Metode Debat Aktif untuk Melatih Kecerdasan Linguistik Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V MI Islamiyah Besani Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Kecerdasan merupakan salah satu anugerah besar dari Tuhan kepada manusia. Salah satu jenis kecerdasan itu adalah kecerdasan linguistik. Setiap manusia di berikan kesempatan untuk dapat belajar untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Proses belajar tidak untuk mendapat nilai saja, melainkan harus mempertimbangkan aspek perkembangan kecerdasan peserta didik, diantaranya kecerdasan linguistik. Ada empat keterampilan yang dimiliki seseorang yang mempunyai kecerdasan ini yaitu menyimak, membaca, menulis dan berbicara. Pembelajaran tematik merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran dengan cara sengaja mengaitkan atau memadukan beberapa kompetensi dasar (KD) dan indikator dari kuriklum atau standar isi dari beberapa mapel menjadi satu kesatuan untuk dikemas dalam satu tema. Dengan adanya kaitan tersebut maka peserta didik akan memperoleh pengetahuan keterampilan secara utuh sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi peserta didik. Proses belajar tidak untuk mendapat nilai saja, melainkan harus mempertimbangkan aspek perkembangan kecerdasan peserta didik. Untuk mendukung aspek perkembangan tersebut diperlukan metode yang tepat, metode debat aktif diharapkan dapat menjadi solusi yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan metode debat aktif untuk melatih kecerdasan linguistik siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V MI Islamiyah Besani Kecamatan Blado Kabupaten Batang? Apa saja fakor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode debat akti untuk melatih kecerdasan linguistik siswa kelas V MI Islamiyah Besani Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis penerapan metode debat aktif untuk melatih kecerdasan linguistik siswa pada Pembelajaran Tematik kelas V MI Islamiyah Besani Kecamatan bandar Kabupaten Batang, untuk mendeskripsikan dan menganalisis fakor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode debat aktif untuk melatih kecerdasan linguistik siswa kelas V MI Islamiyah Besani Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitataif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Metode analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penerapan meode debat aktif untuk melatih kecerdasan linguistik pada pembelajaran tematik kelas V MI Islamiyah Besani Kecamatan Blado Kabupaten batang terbagi dalam beberapa hal yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan metode debat aktif di rencanakan berdasarkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pelaksanaanya diawali dengan menentukan tujuan pembelajaran, menentukan materi yang sesuai dan melakukan survei awal untuk mengetahui tingkat kecerdasan linguistik siswa. Dalam pelaksanaanya, penerapan metode debat aktif memiliki beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat. Fakor pendukungnya antara lain: Fasilitas pendukung metode debat aktif, materi yang menarik, keaktifan siswa dalam berpendapat, terdapat rasa persaingan untuk memenangkan debat. Faktor penghambatnya meliputi: ada beberapa anak yang masih malu berbicara, ada beberapa anak yang pengetahuanya terbatas, ada beberapa anak yang masih kurang serius.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik, Kecerdasan Linguistik, Metode Debat Aktif
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 04 Jun 2021 07:20
Last Modified: 04 Jun 2021 07:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1358

Actions (login required)

View Item View Item