Penerapan Pembelajaran Qawā’id Naḥwu melalui Kitab Al-‘Umdah wa al-Mutammimah di Griya Santri Mahabbah Desa Rowolaku Kabupaten Pekalongan

Juwita, Ratna (2025) Penerapan Pembelajaran Qawā’id Naḥwu melalui Kitab Al-‘Umdah wa al-Mutammimah di Griya Santri Mahabbah Desa Rowolaku Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2221066_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2221066_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2221066_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang banyaknya anggapan dari santri bahwa qawāid naḥwu itu sulit. Anggapan tersebut berdampak pada menurunnya semangat santri dalam mengikuti pembelajaran sehingga pemahaman santri pun ikut menurun. Penyebab muculnya anggapan tersebut karena perbedaan latar belakang santri dan pemilihan bahan ajar yang tidak sesuai dengan karakteristik santri. Salah satu cara menanggapi problematika tersebut dengan menerapkan pembelajaran qawāid naḥwu melalui kitab Al-‘Umdah wa al-Mutammimah. Rumusan masalah dari problematika tersebut adalah Bagaimana penerapan pembelajaran qawāid naḥwu melalui kitab Al-‘Umdah wa al-Mutammimah di Griya Santri Mahabbah dan Bagaimana hambatan dan tantangan penerapan pembelajaran qawāid naḥwu melalui kitab Al-‘Umdah wa al-Mutammimah di Griya Santri Mahabbah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran qawāid naḥwu melalui kitab Al-‘Umdah wa al-Mutammimah di Griya Santri Mahabbah dan untuk mengetahui hambatan dan tantangan penerapan pembelajaran qawāid naḥwu melalui kitab Al-‘Umdah wa al-Mutammimah di Griya Santri Mahabbah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptik.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang dipakai adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran qawāid naḥwu melalui kitab Al-‘Umdah wa al-Mutammimah di Griya Santri Mahabbah sudah berjalan dengan baik, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap pelaksanaan , ustadz menggunakan 6 langkah yaitu menentukan jumlah kata, menentukan identifikasi jenis kata, menentukan arti perkata dan keseluruhan, menentukan jumlah, menentukan ‘umdah, dan menentukan mutammimah. Adapun hambatan dan tantangannya adalah bahan ajar yang berbahasa Arab, waktu yang terbatas, karakteristik santri yang berbeda, dan media yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, Moh. NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Qawāid Naḥwu, Pembelajaran , Al-‘Umdah wa al-Mutammimah
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 16 Jun 2025 02:17
Last Modified: 16 Jun 2025 02:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13588

Actions (login required)

View Item View Item