MAULIDYA, PUTRI INTAN (2025) Pendekatan Jigsaw Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Memotivasi Belajar Siswa Di Kelas VII SMP N 1 Kesesi. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121126_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121126_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2121126_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan pendekatan jigsaw dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa di kelas VII SMP N 1 Kesesi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan-tahapan pendekatan jigsaw diterapkan secara sistematis mulai dari pembentukan kelompok asal dan kelompok ahli, diskusi kelompok ahli, hingga presentasi kembali ke kelompok asal. Proses ini mampu meningkatkan antusiasme, keterlibatan aktif, serta kemampuan sosial siswa seperti kerja sama dan komunikasi. Namun, dalam penerapannya ditemukan beberapa kendala seperti perbedaan tingkat kemampuan siswa, kurangnya keberanian dalam berpendapat, dan tantangan pengelolaan waktu pembelajaran. Penerapan pendekatan Jigsaw secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Siswa menunjukkan tingkat antusiasme dan keterlibatan yang tinggi, terutama saat mereka bekerja dalam kelompok ahli untuk mendalami materi dan kemudian membagikan pengetahuan mereka kepada kelompok asal. Proses ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pendidikan agama islam, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial mereka, seperti kemampuan berkomunikasi, bekerja sama, dan memecahkan masalah. Temuan ini mengimplikasikan bahwa pendekatan Jigsaw dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif untuk menciptakan lingkungan belajar pendidikan agama islam yang interaktif, kolaboratif, dan bermakna bagi siswa kelas VII. Penelitian ini merekomendasikan agar guru pendidikan agama islam di SMP N 1 Kesesi dan sekolah lain mempertimbangkan penerapan pendekatan jigsaw sebagai alternatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan jigsaw dalam pembelajaran pendidikan agama islam di kelas VII SMP N 1 Kesesi berperan penting dalam memotivasi belajar siswa di kelas, dengan dukungan metode pembelajaran yang terstruktur dan relevan dengan kebutuhan pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Jigsaw, Pembelajaran PAI, Motivasi Belajar Siswa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jun 2025 06:53 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jun 2025 06:53 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13592 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |