Ulya, Nasifatul (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Desmos Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Pada Materi Sistem Pertidaksamaan Linear Kelas X SMA N 1 Sragi. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2621002_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (485kB) |
![]() |
Text
2621002_Full Text.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
18 LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Ulya, Nasifatul. 2025. “Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Desmos Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Pada Materi Sistem Pertidaksamaan Linear Kelas X SMA N 1 Sragi”. Skripsi.Program Studi Tadris Matematika. FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Nurul Husnah Mustika Sari, M. Pd. Kata Kunci: Desmos, Group Investigation, Model Pembelajaran, Kemampuan Representasi Matematis. Penelitian dilatarbelakangi adanya temuan rendahnya kemampuan representasi matematis, dikarenakan kurangnya partisipasi siswa di kelas, keterbatasan teknologi dalam proses pembelajaran, serta penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Siswa kesulitan menyajikan data secara visual, baik dalam bentuk persamaan, diagram, grafik, maupun tabel. Hal ini mengidentifikasi bahwa siswa belum mampu mengungkapkan masalah ke berbagai bentuk representasi yang mengakibatkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan tugas. Dengan rumusan masalah adalah bagaimana kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation berbantuan Desmos. Bagaimana kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbantuan Desmos terhadap kemampuan representasi matematis. Tujuan dari penelitian ini yaitu menguji pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbantuan Desmos terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen (Quasi Experimental) dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA N 1 Sragi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah Pusposive Sampling, dan yang terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas X5 dan X3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan representasi matematis siswa adalah hasil dari nilai pre-test dan post-test. Dari data tes yang terkumpul lalu dilakukan analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji t). Dari hasil analisis data yang didapat dari kemampuan representasi matematis siswa kelas eksperimen dan kontrol, pada uji t diperoleh nilai Sig. = 0,006, diperoleh nilai t hitung = 2.860 > t tabel = 1.670 sehingga H1 diterima H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation berbantuan Desmos dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran Group Investigation berbantuan Desmos berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Desmos, Group Investigation, Model Pembelajaran, Kemampuan Representasi Matematis. | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 19 Jun 2025 06:48 | ||||||||
Last Modified: | 19 Jun 2025 06:48 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13618 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |