Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Tadris Matematika Pada Mata Kuliah Geometri Analitik Ditinjau Dari Perspektif Gender

Syawalia, Inayah (2025) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Tadris Matematika Pada Mata Kuliah Geometri Analitik Ditinjau Dari Perspektif Gender. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2621022_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (533kB)
[img] Text
2621022_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
18 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan matematika memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan matematika semua siswa agar mencapai hasil belajar matematika secara optimal. Memaksimalkan pembelajaran kemampuan memecahkan masalah adalah bagian dari tujuan yang utama untuk memperoleh capaian pembelajaran tersebut. Dalam pembelajaran matematika, pemecahan masalah dianggap penting karena mengharuskan pengembangan kemampuan ini melalui pengembangan pemahaman tentang hakikat dan pencapaian tujuan yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa Program Studi Tadris Matematika pada mata kuliah Geometri Analitik ditinjau dari perspektif gender. Pentingnya kompetensi profesional mahasiswa sebagai calon guru matematika, khususnya dalam kemampuan pemecahan masalah yang merupakan salah satu indikator kemampuan matematis menurut NCTM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian berfokus pada langkah-langkah yang diambil oleh mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematis di bidang geometri, termasuk strategi yang digunakan dan kesulitan yang dihadapi. Sampel dalam penelitian ini adalah enam mahasiswa semester tiga, terdiri dari tiga laki-laki dan tiga perempuan, yang masing-masing mewakili kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan wawancara mendalam. Teknik keabsahan data yang digunakan menggunakan pendekatan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data sesuai dengan analisis data kualitatif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa perempuan secara umum memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dibandingkan mahasiswa laki-laki dalam menyelesaikan permasalahan pada mata kuliah geometri analitik. Hasil ini mengindikasikan bahwa faktor gender berpengaruh terhadap cara dan hasil pemecahan masalah matematis mahasiswa, serta dapat menjadi pertimbangan dalam perencanaan pembelajaran yang lebih responsif terhadap perbedaan karakteristik kognitif berdasarkan gender.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSari, Nurul Husnah MustikaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Mata Kuliah Geometri, Gender.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 19 Jun 2025 04:14
Last Modified: 19 Jun 2025 04:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13619

Actions (login required)

View Item View Item