Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis pada Materi Peluang Kelas X SMA

Widya Larasati, Dwi (2025) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis pada Materi Peluang Kelas X SMA. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2621047_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (459kB)
[img] Text
2621047_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
18 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Rendahnya pemahaman matematis peserta didik seringkali disebabkan oleh metode pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan kurangnya media yang dapat menarik perhatian mereka. Pembelajaran yang kurang melibatkan peserta didik secara aktif menyebabkan mereka merasa kesulitan memahami materi, terutama materi peluang. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih kontekstual dan dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi peluang diharapkan mampu meningkatkan pemahaman matematis peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat validitas, praktikalitas, dan efektivitas pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis realistic mathematics education untuk meningkatkan pemahaman matematis pada materi peluang kelas X SMA?. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan LKPD berbasis RME dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas X SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD) dan model pengembangannya memnggunakan model pengembangan ADDIE (Analize, Design, Develop, Impliment, dan Evaluate). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kevalidan produk, analisis kepraktisan produk, dan analisis keefektifan produk. Hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi peluang kelas X SMA berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi dinyatakan valid dengan persentase 76.70% dengan kategori “valid” untuk ahli media dan 70.00% dengan kriteria “valid” untuk ahli materi. Kemudian kepraktisan didapat dari angket guru dan respon peserta didik yang memperoleh persentase 75.4% kategori “praktis” untuk angket guru dan 88.50% kategori “sangat valid” untuk respon peserta didik. Sedangkan berdasarkan tingkat keefektifan yang dihitung menggunakan analisis N-Gain diperoleh skor 0.5128 atau 51.28% dengan kategori “sedang” yang berarti LKPD berbasis RME pada materi peluang mampu meningkatkan pemahaman matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFadli, FailasufUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Realistic Mathematics Education (RME), Pemahaman Matematis, Peluang.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 19 Jun 2025 04:33
Last Modified: 19 Jun 2025 04:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13643

Actions (login required)

View Item View Item