Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Alat Peraga Papan Paris Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Viii

MUMTAZAH, ARINA (2025) Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Alat Peraga Papan Paris Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Viii. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2621061_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2621061_Full_Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2621061_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian pada kegiatan TIMSS 2019 belum ada peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir siswa di Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengah hasil perolehan sor 397 sedangkan rata-rata yang ditetapkan oleh global TIMSS yaitu dengan skor 500. Sejalan dengan data skor perolehan saat Kegiatan TIMSS 2019, hasil survei PISA 2022 menyatakan bahwa literasi matematika di Indonesia memperoleh skor rata-rata 366 poin dari rata-rata skor internasional OECD yaitu 472. Sehingga kemampuan matematika masih tergolong level 1a dalam artian belum mampu berpikir kreatif untuk menyelesaikan masalah dengan kompleks. Pada permasalahan tersebut juga didapati di MTs At-tawazun. untuk mengatasi permasalaan tersebut maka diperlukanlah cara yang dapat eningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu dengan penerapkan model Creative Problem Solving (CPS) pada pembelajaran yang dipercaya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Alat peraga juga dapat membantu proses pembelajaran lebih menarik, interaktif dan bermakna salah satunya yaitu dengan menggunakan papan PARIS. Berdasarkan permasalahan tersebut, rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimana pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan alat Peraga papan PARIS terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan alat Peraga papan PARIS terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang akan diterapkan yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu selurh siswa kelas VIII MTs At-Tawazun yang berjumlah 116 siswa.sampel yang akan digunakan pada penelitian ini sebanyak 45 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen terdiri dari 20 siswa dan kelas kontrol terdiri dari 25 siswa. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Penelitian ini menggunakan tiga teknik dalam intrumen pengumpulan data yaitu observasi, Tes dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan pada hasil uji Independent sample t-test dengan nilai sig. (2-tailed) 0,007 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil ini menbuktikan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen daan kelas kontrol serta terdapat pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan alat peraga papan PARIS terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFahmy, Ahmad Faridh RickyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving, Alat Peraga Papan PARIS, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 20 Jun 2025 03:27
Last Modified: 20 Jun 2025 03:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13645

Actions (login required)

View Item View Item