Septi Manisa, Martina (2020) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membina Kejujuran Siswa di SD Negeri Kaliboyo 01 Kec. Tulis Kab. Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Sekolah adalah lembaga paling depan dalam mengembangkan pendidikan karakter. Sekolah memiliki taggung jawab moral untuk mendidik anak agar cerdas dan memiliki karakter baik. Seperti pengamatan yang peneliti lakukan di SD Negeri Kaliboyo 01 Kec. Tulis Kab. Batang yang sudah berusaha untuk mengimplementasikan karakter jujur, yaitu dengan adanya program koperasi kejujuran dan kotak temuan / kejujuran dan dengan adanya indikator penilaian kejujuran yang lain yang dilakukan sekolah sebagai pembinaan karakter kejujuran, penelitian ini dilatar belakangi karena masih banyak siswa yang belum bersikap jujur dalam lingkungan sekolah, misalnya siswa pada saat ujian masih ada yang mencontek temannya, dan ada juga siswa yang masih tidak membayar saat jajan di koperasi, sehingga diharapkan pendidikan karakter jujur akan membina tingkat kejujuran siswa tersebut menjadi lebih baik, memiliki prestasi yang unggul dan berkarakter. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam membina kejujuran siswa di SD Negeri Kaliboyo 01 Kec. Tulis Kab. Batang. 2) Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter dalam membina kejujuran siswa di SD Negeri Kaliboyo 01 Kec. Tulis Kab. Batang. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam membina kejujuran siswa di SD Negeri Kaliboyo 01 Kec. Tulis Kab. Batang. 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung serta penghambatnya implementasi pendidikan karakter dalam membina kejujuran siswa di SD Negeri Kaliboyo 01 Kec. Tulis Kab. Batang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan analisis Reduksi Data dan Verifikasi Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam membina kejujuran siswa di SD Negeri Kaliboyo 01 Kec. Tulis Kab. Batang menggunakan beberapa indikator keberhasilan nilai kejujuran yang dapat dikembangkan di sekolah meliputi, membuat dan mengerjakan tugas secara benar, tidak menyontek atau memberikan contekkan, program koperasi kejujuran dan kotak temuan/kejujuran, melaporkan kegiatan sekolah secara benar dan jujur, dan melakukan sistem penilaian yang akuntabel dan tidak melakukan manipulasi dalam pengembangan kurikulum sekolah. Dan beberapa program, diantaranya Pembiasaan budaya 6 R (Ringkas, Resik, Rapi, Rajin, Rawat dan Ramah), pembiasaan program 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun), sholat duhur berjamaah dan infak sosial siswa. Metode yang digunakan melalui pembiasaan, drillen practicum, keteladaanan, pemberian rewad and punishment, pengarahan dan pemberian nasehat. Dan Adapun faktor pendukung dalam implementasi pendidikan karakter dalam membina kejujuran siswa antara lain guru, wali murid, tata tertib, serta sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter dalam membina kejujuran antara lain lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat serta teman bermain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Kejujuran | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Yanto Yanto | ||||||||
Date Deposited: | 04 Jun 2021 08:12 | ||||||||
Last Modified: | 04 Jun 2021 08:12 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1365 |
Actions (login required)
View Item |