Sulistiyanti, Riyan (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Petarukan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2621039_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (423kB) |
![]() |
Text
2621039_Full Text.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
19 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dalam mengerjakan soal pemecahan masalah matematis siswa seringkali menjumpai kesulitan diantaranya kesulitan dalam memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, menentukan operasi hitung atau rumus yang akan digunakan, dan kesulitan dalam pengambilan kesimpulan. Kemampuan pemecahan masalah matematis dapat membantu siswa dalam memahami konsep, menyelesaikan masalah, dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Untuk itu, guru perlu memilih model pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Salah satunya adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE). Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) bagaimana tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange? 2) bagaimana tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang tidak dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange atau yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung? 3) apakah model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Petarukan?. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang dapat digunakan untuk melihat hubungan antara variabel-variabel dalam penelitian. Untuk itu, dalam penelitian ini akan dibentuk dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data dalam penelitian ini diambil dari pre-test dan post-test. Penelitian ini didapatkan hasil nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 88,50 sedangkan kelas kontrol 72,87. Berdasarkan hasil uji mann-whitney memperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 dimana 0,000 < 0,005 maka 0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Rotating Trio Exchange (RTE), Pemecahan Masalah Matematis Siswa. | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||
Date Deposited: | 19 Jun 2025 07:16 | ||||||||
Last Modified: | 19 Jun 2025 07:16 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13654 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |