Alifah, Widya Aminur (2025) Implementasi Perlindungan Konsumen Dalam Praktik Jual Beli Dengan Sistem (Cash On Delivery) COD Cek Dulu Di Marketplance Shopee. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
1220010_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (639kB) |
![]() |
Text
1220010_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
18 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
Abstract
Perlindungan Konsumen dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999, Pengertian perlindungan konsumen menurut pasal 1 ayat 1 UUPK atau Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 yaitu jaminan kepastijan hukum yang diperoleh dengan segala upaya dalam memberikan perlindungan terhadap konsumen. Ringkasan mengenai perlindungan konsumen dibuat dengan tidak terlalu sulit dimengerti dengan struktur kalimat yang sederhana serta melibatkan berbagai aspek perlindungan konsumen. Maksud dari kalimat “kepastian hukum” tujuannya dapat dijadikan sebagai benteng untuk mencegah tindakan sewenang-wenang dari para pelaku usaha yang dapat merugikan konsumen. Didalam UU perlindungan konsumen mengatur mengenai hak konsumen, kewajiban pelsaku usaha beserta perbuataan yang dilarang dan tanggungjawab sebagai pelaku usaha. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris dengan mengunakan pendekata Kualitatif. Adapun sumer data berupa data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data, melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyajian data. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif anaalisis. Hasil penelitian ini menujukan bahwa praktik Cod Cek Dulu di Kecamatan Limbangan Kulon , tidak sesuai dengan SOP yang sebagaimana terdapat pada peraturan Shopee. Dalam hal tersebut kurir tidak melaksanakan kewajibannya sesuai SOP pada program COD Cek Dulu. Dimana transaksi yang dilakukannya sama seperti transaksi COD seperti biasa tanpa ada proses pengecekan barang oleh konsumen. Apabila ditinjau dari segi UUPK, kurir sebagai mitra dari Shopee telah melanggar hak konsumen sesuai dengan pasal 4 UUPK dan tidak melaksanakan kewajibannya sebagai pelaku usaha yaitu pada Pasal 7 dan Pasal 8 huruf (f). Namun pihak Shopee menyediakan fitur “Chat dengan CS”sebagai bentuk upaya perlindungan konsumen. praktik COD Cek Dulu yang tidak lengkap menyebabkan tidak terpenuhinya konsumen tidak diberi kesempatan untuk memeriksa barang yang ditransaksikan sebelum membayar, yang dapat berakibat apabila terdapat suatu cacat produk akan menimbulkan ketidakrelaan pada pihak konsumen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Consumer Protection, COD Check First on the Shopee Marketplace | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.2 Muamalat, Muamalah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 343.07 Regulation of Economic Activity/Regulasi Ekonomi, Peraturan Kegiatan Ekonomi, Hukum Industri |
||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah > Prodi Hukum Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Fasya | ||||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 06:35 | ||||||||
Last Modified: | 10 Oct 2025 02:56 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13660 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |