Wimplementasi Ekstrakurikuler Mewarnai Dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Rupa Siswa Kelas I Dan Ii Mis Nu Al-Utsmani Kajen Kabupaten Pekalongan

Majidah, ‘Aathirah (2025) Wimplementasi Ekstrakurikuler Mewarnai Dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Rupa Siswa Kelas I Dan Ii Mis Nu Al-Utsmani Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321020_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2321020_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2321020_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kreativitas merupakan suatu kemampuan untuk membuat kombinasi baru sebagai daya cipta dalam mewujudkan hal-hal baru ataupun yang sudah ada. Namun observasi yang dilakukan di MIS NU Al-Utsmani kajen fakta di lapangan anak kelas I dan II memiliki suatu kemampuan untuk berimajinasi dan memiliki keunikan dalam mewarnai. Sebelum adanya ekstrakurikuler mewarnai siswa lebih fokus pada penggambaran objek yang sederhana, cenderung mengikuti contoh guru, sedikitnya pengetahuan tentang warna dan bentuk dan kreativitas dalam mewarnai. Namun setelah adanya ekstrakurikuler mewarnai siswa mengalami perkembangan dalam kreativitas seni rupa mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasi ekstrakurikuler mewarnai dalam mengembangkan kreativitas seni rupa siswa kelas I dan II di MIS NU Al-Utsmani Kajen Kabupaten Pekalongan. Yang mana hasil penelitian ini dipengaruhi faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kreativitas seni rupa anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan (field research). Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan pembelajaran ekstrakurikuler mewarnai di MIS NU Al-Utsmani dalam mengembangkan kreativitas siswa. Pengumpulan data diambil dari sumber data primer dan sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data diambil dari triangulasi sumber, teknik, waktu. Teknik analisis data dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan mewarnai efektif meningkatkan kreativitas siswa, terbukti dari peningkatan kemampuan dalam mengekspresikan ide melalui warna dan bentuk. Faktor pendukung utama meliputi fasilitas alat dan tempat yang mendukung, dukungan orang tua, serta peran aktif guru dalam memberikan bimbingan dan apresiasi. Sebaliknya, faktor penghambat mencakup kurangnya minat beberapa siswa, keterbatasan waktu, serta kurangnya motivasi dari sebagian siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPerdana, FirdausUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Mewarnai, Kreativitas, Seni Rupa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 03 Jul 2025 03:54
Last Modified: 03 Jul 2025 03:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13666

Actions (login required)

View Item View Item