UNSPECIFIED (2020) Implementasi Pembelajaran Membaca dan Menghafal Al-Qur’an bagi Siswa Kelas VI di MIS Kemasan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (5MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Belajar adalah sebagai suatu proses di mana seorang berubah perilakunya akibat pengalaman. Pengalaman dapat diperoleh melalui proses belajar, dengan mengamati, melakukan, memikirkan dan merefleksikan. Sehingga pengalaman tersebut akan menjadi sebuah pengetahuan. Demikian pula dengan pengetahuan Al-Qur’an diperoleh dengan cara yang sama. Membaca maupun menghafal Al-Qur’an merupakan bagian dari pengetahuan Al-Qur’an, yang diperoleh dengan cara belajar. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti di MIS Kemasan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan karena MIS Kemasan ini merupakan salah satu sekolah dari beberapa lembaga sekolah dasar yang menerapkan pembiasaan tadarus sebagai pembiasaan dalam belajar membaca dan menghafal Al-Qur’an. Berdasarkan uraian di atas maka peneliti mengemukakan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana Implemantasi Pembelajaran Membaca dan Menghafal Al-Qur’an bagi Siswa Kelas VI di MIS Kemasan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan? Apa saja faktor pendukung dan penghambat Implemantasi Pembelajaran Membaca dan Menghafal Al-Qur’an bagi Siswa Kelas VI di MIS Kemasan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implemantasi Pembelajaran Membaca dan Menghafal Al-Qur’an bagi Siswa Kelas VI di Mis Kemasan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Implemantasi Pembelajaran Membaca dan Menghafal Al-Qur’an bagi Siswa Kelas VI di MIS Kemasan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang implementasi pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur’an bagi siswa kelas VI di MIS Kemasan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan . Pembalajaran membaca dan menghafal Al-Qur’an guru memerlukan proses atau tahapan. pelaksanaan pada implementasi pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur’an ini memiliki tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Persiapan pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur’an yang dilakukan oleh siswa yaitu dengan tadarus terlebih dahaulu sebelum pembelajaran. Pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur’an menggunakan metode wahdah yaitu mengulang-ulang ayat yang akan dihafal. Stategi yang digunakan adalah metode takrir yaitu menyetorkan hafalannya kepada guru dengan menghafal juz amma hal ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan siswa dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Membaca dan Menghafal Al-Qur’an |
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Yanto Yanto |
Date Deposited: | 04 Jun 2021 08:35 |
Last Modified: | 04 Jun 2021 08:35 |
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1367 |
Actions (login required)
View Item |