Integrasi penguasaan ilmu agama dan kemampuan berbahasa inggris pondok pesantren modern selamat 2 batang dalam meningkatkan kompetensi santri di era revolusi industri 4.0

Setiawati, Safinah Dwi (2020) Integrasi penguasaan ilmu agama dan kemampuan berbahasa inggris pondok pesantren modern selamat 2 batang dalam meningkatkan kompetensi santri di era revolusi industri 4.0. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Perkembangan dunia yang telah memasuki Era Revolusi Industri 4.0 berpengaruh pada pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam. Tugas pokokpesantren yang termuat dalam Tri Darma Pondok Pesantrenmengisyaratkan bahwa sudah selayaknya pesantren berkembang dan mempersiapkan kompetensi santri sesuai dengan kebutuhan zaman. Santri tidak lagi hanya dididik untuk mendalami ilmu agama, tetapi juga meningkatkan kemampuan komunikasi mereka dengan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dan teknologi. Oleh karena itu, melalui program-program keilmuan agama yang telah mengakar pada diri pondok pesantren sejak dulu yang diintegrasikan dengan program penguasaan kemampuan berbahasa Inggris, santri diharapkan mampu menghadapi era Revolusi Industri 4.0. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dapat dirumuskan masalah, yaitu bagaimana integrasi penguasaan ilmu agama dan kemampuan berbahasa Inggris Pondok Pesantren Modern Selamat 2 Batang dalam meningkatkan kompetensi santri di Era Revolusi Industri 4.0. Tujuan dari penelitian ini adalah memaparkan integrasi penguasaan ilmu agama dan kemampuan berbahasa Inggris Pondok Pesantren Modern Selamat 2 Batang dalam meningkatkan kompetensi santri di Era Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini memiliki kegunaan, baik secara praktis maupun teoritis. Penelitian ini tergolong dalam penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Desember 2019 hingga Maret 2020 dengan mengambil lokasi di Pondok Pesantren Modern Selamat 2 Batang. Data diperoleh dari data primer dan sekunder. Kemudian data yang telah diperoleh disajikan dan dianalisis menggunakan analisis interaktif yang melalui tiga proses. Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan integrasi penguasaan ilmu agama dan kemampuan berbahasa Inggris Pondok Pesantren Modern Selamat 2 Batang diwujudkan melalui kurikulum pondok pesantren yang tidak hanya memuat program-program keilmuan agama, tetapi juga program bahasa Inggris. Kegiatan yang berkaitan dengan program keilmuan agama meliputimadrasah diniyah, tahfidzul qur’an, tawadlu’, dan ilmu kemasyarkaatan. Sedangkan program bahasa diwujudkan melalui kegiatan muhadloroh, yaitu pidato dalam tiga bahasa dengan didukung mata pelajaran muatan lokal conversation dan ekstrakulikuler English Club.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRosyadi, Mokh ImronUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Integrasi, penguasaan ilmu agama, kemampuan berbahasa Inggris, peningkatan kompetensi santri, Revolusi Industri 4.0.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:05
Last Modified: 11 Jun 2021 03:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1371

Actions (login required)

View Item View Item