Fajrianti, Laila (2025) Strategi Guru Pai Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Berbasis Kurikulum Merdeka Di Smp Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
50223023 - Bab I dan Bab VII.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
50223023 - Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
Text
50223023 - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Diskriminasi berbasis agama masih menjadi masalah serius, sebagaimana ditunjukkan oleh data Komnas HAM dan Komnas Perlindungan Anak, yang mencatat maraknya perundungan dan perlakuan tidak adil terhadap kelompok minoritas agama, khususnya di SMP Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan adanya tanda-tanda intoleransi antar siswa yatu mengejek satu sama lain karena ras, warna kulit, nama orang tua, dan latar belakang ekonomi keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan multikultural berbasis kurikulum merdeka di SMP Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan field research. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan kepala sekolah, wakil kurikulum, guru PAI dan siswa, observasi dilakukan untuk melihat pembelajaran PAI dan sarana prasarana penunjang dan dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman yaitu melalui Kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, data tersebut diuji keabsahan datanya yaitu dengan teknik triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan kurikulum merdeka di SMP Negeri 1 Kajen mendorong integrasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran, baik melalui pendekatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler. Nilai-nilai seperti toleransi, kesetaraan, demokrasi, dan keadilan diimplementasikan dalam berbagai kegiatan sekolah. Strategi yang digunakan guru PAI diantarnya melakukan perencanaan pembelajaran, menyediakan ruang bagi siswa non muslim selama pelajaran PAI, mengunakan strategi dalam pembelajaran PAI. Kurikulum merdeka membuka ruang yang lebih fleksibel bagi guru PAI dalam mengintegrasikan nilai-nilai multikultural ke dalam materi pembelajaran, Penyediaan ruang khusus bagi siswa non-Muslim selama pelajaran PAI menunjukkan upaya nyata untuk menciptakan lingkungan belajar yang ramah dan menghormati keberagaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi guru PAI, Nilai-nilai multikultural, Kurikulum merdeka | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Jul 2025 04:14 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Jul 2025 04:14 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13719 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |