Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Pembelian Berulang Di Marketplace Shopee Pada Generasi Z Muslim Desa Kalimojosari Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan

Arfani, Zidni (2025) Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Pembelian Berulang Di Marketplace Shopee Pada Generasi Z Muslim Desa Kalimojosari Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4121161_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4121161_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
4121161_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pada era digital sekarang, internet sangat berguna untuk kegiatan jual beli secara online atau daring, salah satunya melalui marketplace Shopee. Shopee adalah salah satu marketplace yang paling diminati masyarakat di Indonesia dilihat dari banyaknya pengunjung dan tak sedikit konsumen banyak melakukan pembelian ulang di marketplace tersebut. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi pembelian berulang di marketplace Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel persepsi harga, kualitas pelayanan, promosi, dan kepuasan pelanggan terhadap pembelian berulang di marketplace Shopee pada generasi Z di Desa Kalimjosari. Jenis penelitian menggunakan field research atau penelitian lapangan dengan metode pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, jumlah sampel yang digunakan adalah 100 generasi Z di Desa Kalimojosari yang telah melakukan pembelian berulang di marketplace Shopee. Dalam penelitian ini data diolah menggunakan software komputer IBM SPSS statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (uji t) variabel kualitas pelayanan, promosi, dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian berulang di marketplace Shopee pada generasi Z di Desa Kalimojsari, sedangkan variabel persepsi harga tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian berulang di marketplace Shopee pada generasi Z di Desa Kalimojsari. Berdasarkan pengujian secara simultan (uji F) menyatakan secara simultan variabel persepsi harga, kualitas pelayanan, promosi dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian berulang di marketplace Shopee pada generasi Z di Desa Kalimojsari. Hasil output R square dari model regresi yang terbentuk dalam penelitian ini adalah sebesar 0.797 atau 79.7%, dan sisanya 20.3% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNgaisah, Zulaikhah Fitri NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Generasi Z, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Pembelian Berulang, Persepsi Harga, Promosi, Shopee
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 30 Jun 2025 03:58
Last Modified: 30 Jun 2025 03:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13736

Actions (login required)

View Item View Item