Implementasi program full day school di SD Islam Al Bayan Wiradesa Kabupaten Pekalongan

Kholilurrohman, Muhammad (2020) Implementasi program full day school di SD Islam Al Bayan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

SD Islam Al Bayan Wiradesa Kabupaten Pekalongan pada tahun 2016 dengan cepat dan tanggap menanggapi tentang sistem full day school yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dengan membentuk sekolah dengan sistem full day school yang menggabungkan dunia pendidikan umum dengan pendidikan ala pesantren dengan tujuan untuk mengantisipasi agar dapat memperoleh pendidikan diniyyah. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui: 1) Bagaimana Implementasi Program Full Day School di SD Islam Al Bayan. 2) Bagaimana Problematika Implementasi Program Full Day School di SD Islam Al Bayan. 3) Bagaimana Solusi Iplementasi Program Full Day School di SD Islam Al Bayan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Program Full Day School di SD Islam Al Bayan, untuk mengetahui problematika Implementasi Program Full Day School di SD Islam Al Bayan, dan untuk mengetahui solusi Implementasi Program Full Day School di SD Islam Al Bayan. Kegunaan penelitian ini secara teoritis untuk menambah dan memperkaya hasanah keilmuan dunia pendidilka agama islam dalam hal pembenyukan kepribadian muslim, memberi sumbangan data ilmiah di bidang pendidikan bagi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan. Secara praktis sebagai bahan masukan atau informasi tambahan bagi SD Islam Al Bayan Wiradesa Kabupaten Pekalongan, agar dapat menjadi bahan pertimbangan untuk meningkatkan pengelolaan program. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field Research), teknik pengumpulan datanya dengan melakukan interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan di dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah (1) Pelaksanaan program full day school melalui tiga tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (2) Problematika yang dihadapi adalah beban kerja guru serta tekanan pada siswa. (3) Solusi untuk menyelesaikan problem yang terjadi dengan meningkatkan kesejahteraan guru serta melaksanakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implemenasi, Full Day School.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:05
Last Modified: 11 Jun 2021 03:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1374

Actions (login required)

View Item View Item