Istiqomah, Risma (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MA Al-Falah Jatirokeh Brebes. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121083_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121083_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2121083_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penerapan kurikulum merdeka membawa harapan besar dalam peningkatan kualitas pembelajaran, termasuk penguatan kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu model pembelajaran yang relevan dalam mendukung capaian tersebut adalah discovery learning, yang mendorong siswa aktif menganalisis, menyintesis, dan mengevaluasi informasi secara mandiri. Namun, efektivitas model ini dalam pembelajaran akidah akhlak di MA Al-Falah Jatirokeh Brebes masih perlu diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model discovery learning, tingkat kemampuan berpikir kritis siswa, serta pengaruh model tersebut terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Rumusan masalah: Bagaimana model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran akidah akhlak di MA Al-falah Jatirokeh Brebes? Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa di MA Al-falah Jatirokeh Brebes? Bagaimana pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MA Al-falah Jatirokeh Brebes? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, serta jenis penelitian yaitu penelitian Field Research. Teknik analisis data dalam penelitian ini memakai teknik regresi linier sederhana serta bantuan dari program SPSS 22,0 for Windows Version. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran akidah akhlak di MA Al-falah Jatirokeh Brebes termasuk dalam kategori cukup dengan persentase sebesar 63,8%. (2) Kemampuan berpikir kritis siswa di MA Al-falah Jatirokeh Brebes termasuk dalam kategori baik dengan persentase 58,2%. (3) Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran akidah akhlak, memperoleh t hitung > t tabel yaitu 7,639 > 2,006 pada taraf signifikansi 5%, juga diperoleh nilai signifikan sebesar 0,011 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga kesimpulan di dapat bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian koefisien determinan sebesar 0,115 artinya model pembelajaran discovery learning mempunyai pengaruh sebesar (0,115 x 100% = 11,5%). Hal ini diartikan bahwa model pembelajaran discovery learning berkontribusi sebesar 11,5% terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di MA Al-Falah Jatirokeh, Brebes. Maka, hasil sisa 88,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2025 03:52 | ||||||||
Last Modified: | 01 Jul 2025 03:52 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13751 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |