Fuada, Ayda Mazaya (2025) Implementasi Pembelajaran Mengaji Kitab Kuning Berbasis Media Sosial Dalam Meningkatkan Pemahaman Santri Pondok Pesantren At-Thohiriyah Watusalam Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121075_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121075_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2121075_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah memberikan dampak signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan pesantren. Salah satu inovasi yang diterapkan adalah penggunaan media sosial seperti WhatsApp, Telegram, dan YouTube sebagai sarana mengaji kitab kuning Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan cara peng implementasian kitab kuning dengan memanfaakan sosial media dan hasil dari Pemahaman santri dan mengidentifikasi peran pengasuh, pengelola dan pengurus dalam meningkatkan pemahaman terhadap santri di pondok pesantren At-Thohiriah Desa Watusalam Kecamatan Buara Kabupaten Pekalongan. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan, dokumentasi. Subjek penelitian yaitu santri, pengasuh, pengelola dan pengurus. Data penelitian dianalisis dengan teknik model Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran mengaji kitab kuning berbasis media sosial di pondok pesantren at-thohiriyah yaitu dengan cara pengasuh dan asatid membua voice note atau vidio pembelajaran yang akan dikirim ke grup whatsapp yang sudah disediakan oleh pondok pesantren. Selain itu mengaji berbasis sosial media memiliki beberapa kelebihan, antara lain fleksibilitas dalam pembelajaran, peningkatan akses terhadap materi ajar, serta arsip materi yang dapat diakses kapan saja. Penggunaan media sosial juga memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik bagi santri, mengurangi kejenuhan, dan meningkatkan keterampilan digital mereka. Namun, terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaan program ini, seperti keterbatasan pemahaman santri terhadap teknologi, kendala jaringan internet, serta potensi penyalahgunaan media sosial untuk aktivitas di luar pembelajaran. Meskipun demikian, faktor pendukung seperti dukungan pengasuh pondok, kesiapan asatidz dalam beradaptasi dengan teknologi, serta motivasi santri dalam mengembangkan kemampuan mengaji turut membantu kelancaran proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi media sosial dalam pembelajaran kitab kuning dapat menjadi alternatif yang efektif jika didukung dengan pengawasan yang baik serta penguatan literasi digital bagi santri dan pengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kitab Kuning, Sosial Media, Pondok Pesantren, Pemahman Santri dan Teknologi Pendidikan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 04 Jul 2025 07:38 | ||||||||
Last Modified: | 04 Jul 2025 07:38 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13784 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |