Pengembangan Game Edukasi Find Me Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran IPAS Materi “Aku Dan Kebutuhanku” Di Kelas IV MI Islamiyah Wiroditan Bojong Kabupaten Pekalongan

Meilina, Dwi Maya (2025) Pengembangan Game Edukasi Find Me Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran IPAS Materi “Aku Dan Kebutuhanku” Di Kelas IV MI Islamiyah Wiroditan Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321014_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2321014_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
2321014_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini didasari tantangan guru saat ini yang harus kreatif dan inovatif terhadap teknologi yang semakin berkembang. Media membantu siswa dalam memahami materi yang masih bersifat abstrak agar menjadi lebih konkret seperti pada mata pelajaran IPAS. Permasalahan lain, karena kurangnya antusias siswa dengan metode klasikal dan konvensional serta media pembelajaran yang tersedia disekolah. Memanfaatkan teknologi berbasis Augmented Reality dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini. Teknologi ini dapat memunculkan visual dalam bentuk 3D. MI Islamiyah Wiroditan Bojong Kabupaten Pekalongan menghadapi permasalahan yang sama khususnya pada mata pelajaran IPAS materi “Aku dan Kebutuhanku”. Materi ini berkaitan dengan kebutuhan prioritas dan keinginan manusia. Peneliti tertarik untuk mengkaji masalah untuk mengembangkan game edukasi Find Me berbasis Augmented Reality pada mata pelajaran IPAS materi “Aku dan Kebutuhanku” di kelas IV MI Islamiyah Wiroditan Bojong Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan game edukasi Find Me berbasis Augmented Reality. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (RnD) yang dilakukan dengan prosedur tahapan pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kebutuhan, analisis data angket ahli materi dan ahli media, respon guru dan respon siswa. Hasil penelitian pengembangan menunjukan: 1) Hasil penilaian produk menggunakan model pengembangan ADDIE dengan hasil sangat layak digunakan dengan skor ahli materi I memperoleh presentase 100%, ahli materi II memperoleh skor presentase 83,75%, ahli media I memperoleh skor presentase 80% dan ahli media II memperoleh skor presentase 94%. Adapun hasil respon guru menunjukan hasil skor presentase 80% dan rata – rata respon siswa memperoleh skor presentase 86%. 2) Hasil kelayakan produk menunjukan layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPujiono, Imam PrayogoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Find Me, Game Edukasi, IPAS, Pengembangan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Jul 2025 06:12
Last Modified: 04 Jul 2025 06:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13800

Actions (login required)

View Item View Item