Karimah, Rosidatul (2025) Peran Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Toleransi Beragama Peserta Didik Pada SMA Negeri 2 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121040_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121040_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2121040_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya perbedaan agama di sekolah, karakter toleransi beragama peserta didikk perlu untuk ditingkatkan untuk menghindari perilaku-perilaku intoleransi. Sehingga peran guru Pendidikan Agama Islam sangat penting, karena guru tidak hanya menyampaikan materi pelajaran saja namun juga menjadi teladan bagi peserta didiknya. Dengan kompetensi sosial yang dimiliki oleh guru Pendidikan Agama Islam guru bisa bergaul dengan peserta didik sehingga dengan mudah untuk mengetahui masalah yang dihadapi peserta didik dalam bertoleransi beragama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter toleransi beragama peserta didik yang ada di SMA Negeri 2 Kota Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana karakter toleransi beragama peserta didik di SMA Negeri 2 Kota Pekalongan? (2) Bagaimana kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Kota Pekalongan? (3) Bagaimana peran kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter toleransi beragama peserta didik pada SMA Negeri 2 Kota Pekalongan?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) karakter toleransi beragama peserta didik cukup baik mereka sudah bersikap saling menerima, menghormati dan menghargai, Namun masih perlu untuk ditingkatkan karena peserta didik masih bercanda mengenai agama seperti mengajak temannya yang non-Muslim untuk log in. Hal inidapat menyinggung seseoang dalam beragama dan masih ada peserta didik yang merasa ahwa temannya hanya berteman berdasarkan persamaan agama. (2) Kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam sudah baik mereka mampuberinteraksi baik dengan peserta didiknya, rekan guru, dan seluruh warga sekolah, dengan menjunjung tinggi toleransi beragama. (3) peran kompetensi sosial yang dimiliki oleh guru Pendidikan Agama Islam sangat penting dalam meningkatkan karakter toleransi beragama peserta didiknya agar peserta didik meneladani apa yang di praktikkan guru Pendidikan Agama Islam dalam berintaksi sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi sosial, Guru PAI, Karakter Toleransi Beragama | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 07 Jul 2025 04:01 | ||||||||
Last Modified: | 07 Jul 2025 04:01 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13817 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |