Strategi Pemasaran, Kemitraan, dan Pengembangan Produk Inovatif Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Pada KSPPS BMT Al-Fataa Ulujami Pemalang

Putri, Diah Ayu Eka (2025) Strategi Pemasaran, Kemitraan, dan Pengembangan Produk Inovatif Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Pada KSPPS BMT Al-Fataa Ulujami Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4221079_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4221079_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
4221079_Lampiran.pdf

Download (630kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

DIAH AYU EKA PUTRI. Strategi Pemasaran, Kemitraan, dan Pengembangan Produk Inovatif Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada KSPPS BMT Al-Fataa Ulujami Pemalang Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi pemasaran, kemitraan, dan pengembangan produk inovatif dalam meningkatkan jumlah nasabah KSPPS BMT Al-Fataa Ulujami Pemalang. Pentingnya peran BMT sebagai Lembaga keuangan mikro syariah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui pelayanan keuangan berbasis syariah yang inklusif dan kompetitif, BMT Al-Fataa menunjukkan bahwasanya peningkatan signifikan jumlah anggota dari tahun ke tahun yang menunjukkan keberhasilan dalam strategi yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan Analisa data yang dilakukan dengan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan BMT Al-Fataa meliputi promosi langsung kepada masyarakat terkait produk-produk yang ada di BMT Al-Fataa, serta tentang penyuluhan keuangan syariah yang ada di BMT Al-Fataa. Dalam hal kemitraan, BMT Al-Fataa bekerja sama dengan BSI KC Pekalongan Pemuda yang berkontribusi dalam penguatan jaringan, pelatihan SDM, dan sinergi produk serta bekerja sama dengan pihak sekolah yaitu PAUD, TK, dan SD yang menunjang BMT Al-Fataa dengan baik. Sedangkan inovasi produk dilakukan melalui pengembangan yang bervariasi simpanan dan pembiayaan yang disesuaikan dengan kebutuhan anggota, seperti tabungan mudharabah, simpanan hari raya, simpanan pendidikan, simpanan wisata, dan pembiayaan mikro berbasis syariah. Dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang efektif, kemitraan yang saling menguntungkan, dan inovasi produk yang responsif terhadap kebutuhan pasar mampu meningkatkan jumlah anggota secara signifikan. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Kemitraan, Pengembangan Produk Inovatif

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAdinugraha, Hendri HermawanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Kemitraan, Pengembangan Produk Inovatif
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 01 Jul 2025 03:53
Last Modified: 01 Jul 2025 03:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13830

Actions (login required)

View Item View Item