Penguatan Nilai-Nilai Religius Siswa Melalui Pembiasaan Membaca Al-Qur’an di SMPN 02 Bojong Pekalongan

Alfiyah, Ismatul (2025) Penguatan Nilai-Nilai Religius Siswa Melalui Pembiasaan Membaca Al-Qur’an di SMPN 02 Bojong Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121069_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121069_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2121069_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Era modern saat ini membawa pengaruh besar terhadap karakter religius siswa, seperti menurunnya kesadaran beribadah dan sikap yang tidak mencerminkan nilai-nilai keIslaman. Penguatan nilai religius bukan hanya sekadar mengajarkan ajaran agama, tapi juga menanamkan kebiasaan baik dan membentuk karakter siswa melalui kegiatan spiritual yang konkret. Salah satu upaya sekolah khususnya di SMPN 02 Bojong Pekalongan dalam Penguatan nilai religius adalah melalui pembiasaan membaca Al-Qur’an yang dilaksanakan secara rutin. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai religius siswa di SMPN 02 Bojong Pekalongan dan bagaimana implementasi program penguatan nilai-nilai religius siswa melalui pembiasaan membaca Al-Qur’an di SMPN 02 Bojong Pekalongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa field research (penelitian lapangan), dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer pada penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, guru BK, dan siswa kelas VIII atau sumber data sekunder lainnya yang relevan dengan penelitian ini. Keabsahan data diambil dari triangulasi yaitu 1) Triangulasi sumber, 2) Triangulasi teknik dan 3) Triangulasi waktu. Oleh karena itu, dalam analisis data peneliti menggunakan tiga langkah utama yaitu: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perubahan yang signifikan dalam nilai-nilai religius siswa setelah diterapkannya program pembiasaan membaca Al-Qur’an di SMPN 02 Bojong Pekalongan. Perubahan tersebut terlihat dalam berbagai aspek, di antaranya adalah meningkatnya nilai-nilai religius siswa kedisiplinan beribadah, kejujuran, kepedulian sosial, serta sikap toleransi (2) Implementasi program penguatan nilai-nilai religius siswa melalui pembiasaan membaca Al-Qur’an menunjukkan bahwa di sekolah berjalan efektif dan berdampak positif terhadap peningkatan sikap religius siswa mengalami perubahan yang signifikan dalam nilai-nilai religius siswa setelah diterapkannya program pembiasaan membaca Al-Qur’an di SMPN 02 Bojong Pekalongan. Siswa juga mulai rutin membaca Al-Qur’an, menerapkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, serta aktif mengikuti berbagai kegiatan religius yang diadakan sekolah. Nilai-nilai religius ini tidak hanya tampak dalam lingkungan sekolah, tetapi juga mulai diterapkan siswa di lingkungan keluarga dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAnnur, Aan FadiaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai religius, Penguatan, Membaca Al-Qur’an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Jul 2025 06:50
Last Modified: 04 Jul 2025 06:50
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13846

Actions (login required)

View Item View Item