Korelasi antara keaktifan mengikuti kegiatan mengaji di tpq dengan prestasi belajar PAI siswa siswi kelas iii, iv, v SD N Posong Kecamatan Tulis Kabupaten Batang Tahun Pelajaran2019-2020

Imaniyah, Isnaini (2020) Korelasi antara keaktifan mengikuti kegiatan mengaji di tpq dengan prestasi belajar PAI siswa siswi kelas iii, iv, v SD N Posong Kecamatan Tulis Kabupaten Batang Tahun Pelajaran2019-2020. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Korelasi antara Keaktifan Mengikuti Kegiatan Mengaji di TPQ Dengan Prestasi Belajar PAI Siswa Siswi Kelas III, IV, V SD N Posong Kecamatan Tulis Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2019-2020. Penelitian ini bertujan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana keaktifan siswa siswi kelas III, IV, V SD N Posong Kecamatan Tulis Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2019-2020 dalam mengikuti kegiatan mengaji di TPQ ?, (2) Bagaimana prestasi belajar PAI siswa siswi kelas III, IV,V SD N Posong Kecamatan Tulis Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2019-2020 ?, (3) Apakah terdapat korelasi antara keaktifan mengikuti kegiatan Mengaji di TPQ dengan prestasi belajar PAI siswa siswi kelas III, IV, V SD N Posong Kecamatan Tulis Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2019-2020 ?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan atau pada responden. Populasi penelitian ini sebanyak 40 responden yang terdiri dari siswa-siswi kelas III, IV, V yang aktif dalam kegiatan Mengaji di TPQ. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi karena jumlah responden kurang dari 100. Pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui tingkat kekaktifan mengikuti kegiatan mengaji di TPQ dan nilai Raport semester I untuk mengetahui prestasi belajar PAI siswa. Sedangkan pengumpulan data pendukungnya menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dukomentasi. Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment. Penelitian ini menunjukan bahwa: (1) keaktifan dalam mengikuti kegiatan Mengaji di TPQ siswa-siswi SD N Posong tahun 2019-2020 termasuk dalam kategori cukup aktif dengan rata-rata nilainya 50,45 pada interval 47-54 dan standar deviasi 8,09. (2) prstasi belajar PAI siswa-siswi kelas III, IV, V SD N Posong termasuk dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata 88,775 pada interval 87-90 dengan standar deviasi 8,18. (3) Terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara keaktifan mengikuti kegiatan mengaji di TPQ dengan prestasi belajar PAI siswa-siswi SD N Posong Kecamatan Tulis kabupaten Batang pada tahun pelajaran 2019-2020. Hal tersebut berdasarkan data yang telah diperoleh dimana rxy = 0,824 lebih besar dari pada rtabel dengan taraf signifikansi 5% yaitu rtabel = 0,312 dan rtabel dengan taraf signifikansi 1% yaitu rtabel = 0,403, sehingga rxy > rtabel, maka hipotesis diterima, yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel X (keaktifan mengikuti kegiatan Mengaji di TPQ) dengan variabel Y (prestasi belajar PAI SD N Posong Kecamatan Tulis Kabupaten Batang).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPuspitasari, DewiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Korelasi kegiatan mengaji di posong
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:05
Last Modified: 11 Jun 2021 03:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1385

Actions (login required)

View Item View Item